Kelebihan Beras Merah Dibandingkan dengan Beras Putih



Brown rice atau beras merah memang memiliki rasa yang kurang enak dibandingkan beras putih, sehingga cenderung kurang disukai. Akan tetapi, kecenderungan orang untuk mengkonsumsi makanan yang lebih “sehat” mendorong sebagian orang beralih mengonsumsi beras merah sebagai makanan sehari-hari pengganti beras putih.

Beras putih yang telah melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit, hanya tersisa bijinya. Sedangkan beras merah masih memiliki lapisan kulit dan sekam yang kaya akan protein, thiamin, kalsium, magnesium, serat, dan kalium yang mengandung beberapa zat gizi, seperti mineral, vitamin, dan serat.

Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Kelebihannya dalam hal gizi dan kesehatan, antara lain:

  1. Beras merah kaya akan serat
  2. Kadar serat yang tinggi akan mempercepat masa tinggal sisa makanan dalam usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar (kolon)
  3. Asam lemak alami yang terkandung di dalamnya memberikan keuntungan bagi tubuh, yakni membantu menormalkan kadar kolesterol pada darah
  4. Beras merah kaya beberapa senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  5. Terdapat beberapa mineral yang berperan terhadap fungsi kesehatan tubuh
  6. Mencegah infeksi karena pertumbuhan jamur candida
  7. Mengandung vitamin B6 dalam jumlah cukup.

Artikel Lainnya