Fungsi Karbohidrat dalam Tubuh



Tubuh setiap orang menggambarkan zat gizi yang masuk, sehingga konsep “makanan yang menyehatkan” harus mendapat perhatian. Cara memenuhi seluruh kebutuhan gizi dalam makanan harian menjadi kiat yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rata-rata tubuh orang dewasa perlu 2000 sampai 3000 Kalori per hari. Karyawan kantor memerlukan jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan pekerja berat atau atlet. Namun, semua kelompok tersebut sama-sama memperoleh kalori dari makanan pokok, lemak, dan protein. Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat, seperti nasi, roti, umbi, jagung, dan yang lainnya.

Karbohidrat mempunyai empat fungsi penting yang berhubungan dengan metabolisme tubuh, yaitu (i) sebagai sumber energi utama; (ii) asupan karbohidrat yang cukup akan membantu protein dalam mempertahankan sel; (iii) membantu pembakaran lemak; dan (iv) memberikan kalori untuk sistem saraf pusat.

Sama seperti halnya lemak, karbohidrat umumnya digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Satu gram karbohidrat atau satu gram protein menghasilkan 4 Kalori, sedangkan satu gram lemak menghasilkan 9 Kalori bagi tubuh.

Artikel Lainnya