The Better Carbohydrate



Manusia membutuhkan karbohidrat dalam jumlah tertentu setiap harinya. Karbohidrat mempunyai fungsi sebagai penghasil energi, yang setiap gramnya menghasilkan 4 kalori. Walaupun lemak menghasilkan energi dalam jumlah yang lebih besar, yaitu sebanyak 9 kalori. Namun, sumber bahan pangan yang mengandung karbohidrat tinggi lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari karena harganya lebih murah dibandingkan yang kaya lemak maupun protein.

Karbohidrat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terdiri dari (i) monosakarida, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa; serta (ii) disakarida, yaitu sukrosa, maltosa, dan laktosa. Sedangkan karbohidrat kompleks merupakan kelompok yang terdiri dari polisakarida, yaitu amilum, dekstrin, glikogen, dan selulosa.

Selain dalam bentuk murni, karbohidrat sederhana tersebut juga dapat ditemukan pada aneka produk olahan, seperti permen, minuman ringan, atau lainnya. Sedangkan karbohidrat kompleks sering ditemukan pada bahan pangan alami, seperti biji-bijian yang belum disosoh, gandum, umbi-umbian, sayur, dan beberapa jenis buah terutama yang dikonsumsi bersama kulitnya.

Perbedaan dua jenis karbohidrat tersebut dapat memberikan pengaruh yang berbeda bagi kesehatan. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga kenaikan kadar glukosa darah terjadi secara perlahan. Sebaliknya, karbohidrat sederhana dapat dengan cepat meningkatkan kadar glukosa darah.

Mengingat peran pentingnya karbohidrat bagi tubuh, maka KULINOLOGI INDONESIA akan mengulasnya pada bulan ini. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Selamat menikmati,

Hindah J. Muaris

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....