The Better Carbohydrate



Manusia membutuhkan karbohidrat dalam jumlah tertentu setiap harinya. Karbohidrat mempunyai fungsi sebagai penghasil energi, yang setiap gramnya menghasilkan 4 kalori. Walaupun lemak menghasilkan energi dalam jumlah yang lebih besar, yaitu sebanyak 9 kalori. Namun, sumber bahan pangan yang mengandung karbohidrat tinggi lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari karena harganya lebih murah dibandingkan yang kaya lemak maupun protein.

Karbohidrat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terdiri dari (i) monosakarida, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa; serta (ii) disakarida, yaitu sukrosa, maltosa, dan laktosa. Sedangkan karbohidrat kompleks merupakan kelompok yang terdiri dari polisakarida, yaitu amilum, dekstrin, glikogen, dan selulosa.

Selain dalam bentuk murni, karbohidrat sederhana tersebut juga dapat ditemukan pada aneka produk olahan, seperti permen, minuman ringan, atau lainnya. Sedangkan karbohidrat kompleks sering ditemukan pada bahan pangan alami, seperti biji-bijian yang belum disosoh, gandum, umbi-umbian, sayur, dan beberapa jenis buah terutama yang dikonsumsi bersama kulitnya.

Perbedaan dua jenis karbohidrat tersebut dapat memberikan pengaruh yang berbeda bagi kesehatan. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga kenaikan kadar glukosa darah terjadi secara perlahan. Sebaliknya, karbohidrat sederhana dapat dengan cepat meningkatkan kadar glukosa darah.

Mengingat peran pentingnya karbohidrat bagi tubuh, maka KULINOLOGI INDONESIA akan mengulasnya pada bulan ini. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Selamat menikmati,

Hindah J. Muaris

Artikel Lainnya