Pelestarian Kuliner Indonesia Melalui Street Food



Indonesia terkenal dengan keanekaragaman makanan tradisionalnya. Berbagai olahan diproduksi dan dipasarkan diberbagai tempat, seperti di restoran ataupun di pinggir jalan. Makanan yang dijajakan di pinggir jalan atau biasa disebut street food cenderung memiliki presepsi buruk karena tingkat higienitas yang rendah.

Makanan yang dijajakan di pinggir jalan memberikan dampak positif karena merupakan sumber pendapatan yang mampu mencegah golongan rawan sosial masuk ke dalam kemiskinan. Selain itu, produk yang dihadirkan menawarkan berbagai jenis makanan tradisional dan mudah di dapat dengan harga yang terjangkau.

"Sebenarnya jajanan yang dijual di pinggir jalan merupakan suatu bentuk pelestarian kuliner Indonesia, para penjualnya sebaiknya diberikan sarana dan prasarana yang tepat agar produk yang dihasilkan terjaga kualitasnya," terang Guru Besar Teknobiologi Universitas Atmajaya Jakarta, Dr. F. G. Winarno dalam Talkshow Forum Generasi Muda Pertanian Indonesia: Integrasi Sektor Pertanian dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Forum for Sientific Studies IPB di Bogor pada 24 September 2017 lalu.

Ia menambahkan makanan yang dijajakan di pinggir jalan merupakan usaha sektor informal yang tidak mudah ditertibkan, tempat makan yang disediakan juga relatih kotor, kurang sanitasi lokasi, dan rendah higiene individu, sehingga diperlukan standar sertifikasi, standard pengawasan, lokasi yang tepat, kebersihan peralatan dan pelaksana, serta sertifikat kesehatan personal. Hal tersebut dimaksudkan agar keamanan produk yang dihasilkan dapat terjaga.

Peningkatan mutu dan keamanan makanan yang dijajakan di pinggir jalan juga diperlukan. Selain itu, pemberian dukungan terhadap perkembangan ekonomi usaha makanan yang berskala kecil dengan memperkuat posisi sosial ekonomi para produsen dan pedagang kecil juga diperlukan. “Street food lebih besar manfaatnya bagi masyarakat dari pada reputasi yang dimiliki dan perannya penting bagi perekonomian perkotaan. Fri-34

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...