Kandungan Gizi Daging Kambing



Daging kambing merupakan salah satu sumber protein hewani penting bagi manusia. Setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi sebesar 75 mg.

Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor, dan selenium. Asal tidak dikonsumsi berlebihan, daging kambing justru sangat bermanfaat bagi pengonsumsinya. Karena merupakan sumber protein tinggi, maka daging kambing sangat bermanfaat untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.

Daging kambing juga bermanfaat untuk mencegah anemia, hal ini disebabkan daging kambing mengandung zat besi yang besar. Kandungan zat besinya yang tinggi, yaitu mencapai 100 gram memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan sistem imun tubuh. Adanya vitamin B12 yang cukup tinggi juga sangat penting bagi lancarnya sistem saraf.

Selain itu, kadungan yang terdapat pada daging kambing yang menjadi kendala seseorang mengonsumsinya adalah karena adanya bau prengus. Menurut praktisi kesehatan hewan Supratikno, hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak, yaitu branched chain fatty acid (BCFA) asam hircinoic.

Asam hircinoic tersebut ditemukan dalam konsentrasi yang tinggi di kelenjar penanda, seperti di pangkal tanduk pada kambing, di dekat mata pada kambing, kelenjar interdigitalis pada bangsa kijang. Asam hircinoic sangat tinggi terdapat pada kelenjar minyak yang ada di folikel rambut ternak, juga pada lemak bawah kulit, namun sedikit terdapat pada lemak inter dan intramuskular. Asam lemak penyebab bau prengus ini makin tinggi terdapat pada kambing yang lebih tua.

Selengkapnya tentang Bijak Memilih Daging dan Unggas dapat dibaca di Kulinologi Edisi September 2017

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 24, 2018

    Jaminan Kualitas Daging Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha

    Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim. Pada hari tersebut dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai suatu rangkaian ibadah. Di Indonesia, proses penyembelihan hewan kurban masih memerlukan banyak perbaikan karena kriteria hewan sembelihan kurban lebih tinggi daripada hewan sembelihan di hari-hari yang lain. Diperlukan proses penatalaksanaan yang baik mulai dari sejak sebelum hewan disembelih hingga daging sembelihan didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya....

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...