Tips Membuat Empal dengan Cermat



Empal merupakan hidangan daging sapi goreng bercita rasa gurih dan beraroma khas rempah. Diolah dengan cara daging sapi dimasak dalam bumbu hingga kering. Hidangan ini popular dan umum ditemukan di pulau Jawa, dan berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini adalah bagian sengkel. Empal paling pas disajikan dengan taburan bawang goreng, bersama nasi putih, dan sambal terasi.

Untuk membuat empal dengan cita rasa yang enak dan juga tekstur yang empuk, perlu memperhatikan beberapa langkah berikut:

  1. Daging sapi sebaiknya tidak dicuci sama sekali. Juicy dalam daging akan ikut keluar terbawa air saat dicucu, sehingga daging menjadi kering dan akan keras.
  2. Empal harus lebih dulu direbus setengah matang dalam keadaan utuh.
  3. Setelah itu, potong daging dengan cara searah serat daging agar penyerapan bumbu menjadi lebih mudah.
  4. Kemudian daging dimemarkan sampai agak tipis. Hindari melapisi daging dengan plastik sebelum dimemarkan, agar daging tidak menjadi hancur.
  5. Jangan menambahkan garam diawal proses pemasakan tetapi berilah garam setelah daging dalam keadaan yang cukup empuk. Hal ini disebabkan garam dapat mengikat air dalam daging, sehingga membuat empal menjadi keras dan tidak juicy.
  6. Ketika memasak empal dan bumbu, gunakan api yang sedang saja. Tujuannya agar penguapan cairan tidak terlalu banyak dan waktu didih menjadi lebih lama, sehingga penyerapan bumbu bisa terjadi secara maksimal.
  7. Empal yang sudah matang terlebih dahulu digoreng sebelum disajikan. Dengan cara memasukkan daging di dalam minyak panas lalu balik dan angkat ketika matang. Proses penggorengan ini dilakukan di dalam minyak yang sudah panas dan tidak boleh terlalu lama agar daging tidak keras.
  8. Gunakan minyak hanya secukupnya saja karena empal akan membuat minyak menjadi cepat kotor.

Empal biasanya bisa jadi stok makanan siap santap, sehingga biasanya empal dibuat dalam jumlah cukup banyak. Empal yang tidak langsung disantap, disimpan dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam freezer. Saat ingin dimakan, empal tinggal digoreng sebentar saja.

Selengkapnya tentang Bijak Memilih Daging dan Unggas dapat dibaca di Kulinologi Edisi September 2017

Artikel Lainnya

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...

  • Mar 14, 2019

    Tip Menghindari Kesalahan dalam Penimbangan

    Pembuatan produk bakeri seperti roti dan pastry harus melibatkan proses perhitungan, penimbangan, dan prosedur baku yang harus diataati dalam tiap tahapannya. Penggunaan bahan-bahan seperti tepung, ragi, gula, dan bahan-bahan lain harus sesuai dengan standar formula yang sudah ditetapkan. Akurasi atau ketelitian diperlukan untuk mencegah kesalahan dalam penggunaan bahan. Berikut beberapa tip untuk menhindari kesalahan penimbangan dalam pembuatan produk bakeri.   ...