Cara Mengurangi Penggunaan Sodium pada Masakan



Penggunaan sodium yang terkandung pada garam secara berlebihan akan mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penggunaan garam yang berlebihan pada masakan, antara lain:

  1. Penambahan garam jangan dilakukan pada saat pemasakan makanan, tetapi lebih baik saat makanan siap dihidangkan. Jika diberikan sesaat sebelum dihidangkan, maka bisa mencicipi rasa asinnya dengan lebih kuat. Kemudian, berikan sedikit garam dengan memercikannya dengan ujung jari secukupnya
  2. Lebih baik menggunakan garam laut daripada garam meja pada masakan. Meski tiap gram garam laut mengandung sodium sebanyak garam meja, kristal pada garam laut punya cita rasa asin yang lebih kuat dan unik karena diperoleh dari berbagai sumber laut. Jadi, bisa menggunakan lebih sedikit garam untuk mendapatkan rasa asin yang sama pada masakan.
  3. Menggunakan bumbu masakan lain atau rempah-rempah. Penggunaan bumbu dan rempah, seperti bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi penggunaan garam pada masakan anda dengan rasa makanan yang tetap.
  4. Gunakan bahan makanan segar. Beberapa proses pengolahan seperti pengalengan menggunakan penambahan sodium. Hal ini mengakibatkan bahan makanan yang dikalengkan, seperti ikan kaleng atau sayuran dalam kaleng mengandung lebih banyak sodium dibanding bahan segarnya. Namun, apabila tidak memungkinkan, cari makanan kalengan dengan jumlah sodium lebih sedikit. Cuci bahan makanan hingga bersih sebelum digunakan yang sekaligus membersihkan garam yang menempel.

Selengkapnya tentang Rempah Populer di Industri Jasa Boga dapat dibaca di Kulinologi Edisi Agustus 2017

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....