Aplikasi Bumbu Dasar pada Produk Olahan Daging Ayam



Banyak sekali masakan dengan cita rasa enak dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bumbu dasar. Masakan tersebut, tidak harus dibuat dari bahan yang susah diperoleh dan mahal. Salah satu contohnya adalah produk olahan daging ayam.

Produk tersebut dapat dibuat dengan cara yang mudah dan beragam, seperti diolah dengan digoreng, dimasak dengan bumbu sederhana maupun dikreasikan dengan resep masakan ayam yang lainnya. Penambahan bumbu rempah tertentu dapat meningkatkan cita rasa dan aroma produk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa produk olahan daging ayam yang biasa dikonsumsi, antara lain:

Ayam rica-rica. Merupakan produk olahan daging ayam yang proses pembuatannya menggunakan bumbu dasar merah. Cara membuatnya, yaitu daging ayam digoreng terlebih dahulu hingga berwarna kekuningan lalu sisihkan. Selanjutnya, bumbu ditumis hingga harum bersamaan dengan penambahan gula dan garam secukupnya. Kemudian dimasukkan daging ayam dan diaduk hingga merata. Tambahkan air, jahe, daun jeruk, dan serai kemudian dicampur hingga rata, lalu dimasak sampai daging ayam matang dan bumbu meresap.

Opor ayam. Merupakan produk olahan daging ayam yang proses pembuatannya menggunakan bumbu dasar putih. Bumbu tersebut ditumis hingga harum kemudian dimasukkan daging ayam dan diaduk hingga bumbu tercampur secara merata. Setelah itu, dimasukkan santan lalu ditambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian dimasak hingga daging ayam empuk dan matang.

Ayam penyet. Merupakan produk olahan daging ayam yang proses pembuatannya, yaitu daging ayam segar dilumuri dengan jeruk nipis dan sedikit garam, kemudian didiamkan beberapa saat lalu direbus hingga matang. Bumbu yang digunakan untuk merebus daging ayam tersebut adalah bumbu dasar kuning yang di dalamnya terdapat berbagai jenis rempah. Setelah daging empuk dan matang, daging kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan. Selanjutnya, ayam ditaruh pada cobek yang sudah terdapat sambal terasi kemudian ayam ditekan atau dipenyet menggunakan ulekan hingga memar dan bumbu tercampur rata.

Selengkapnya tentang Rempah Populer di Industri Jasa Boga dapat dibaca di Kulinologi Edisi Agustus 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...