Ragam Bumbu Dasar untuk Produk Olahan Daging Ayam



Banyak sekali masakan dengan cita rasa enak dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bumbu dasar. Salah satu contohnya adalah produk olahan daging ayam. Produk tersebut dapat dibuat dengan cara yang mudah dan beragam.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Bahan tambahan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ini banyak digunakan sebagai bumbu dalam pengolahan produk pangan. Bumbu merupakan hal yang penting dalam setiap masakan karena dapat berfungsi untuk meningkatkan cita rasa makanan dan dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Cita rasa yang diberikan dapat berupa aroma dan rasa yang khas sehingga dapat memberikan karakteristik pada produk pangan tersebut.

Bumbu dan rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan. Bahan tersebut berfungsi untuk memberikan warna, rasa dan aroma yang sedap pada masakan. Walaupun bahannya sama, namun dengan formulasi bumbu yang berbeda maka akan di hasilkan cita rasa masakan berbeda pula. Menurut Farida, dkk (2013) bumbu dasar pada masakan dapat dikelompokan menjadi tiga, antara lain bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, dan bumbu dasar kuning.

Selengkapnya tentang Rempah Populer di Industri Jasa Boga dapat dibaca di Kulinologi Edisi Agustus 2017

Artikel Lainnya