Penggunaan Rempah pada Produk Pangan



Penggunaan rempah dalam bidang pangan telah diketahui sejak lama dan luas. Beragam menu masakan dari berbagai daerah di Indonesia tidak terlepas dari penggunaan rempah ini. Selain terkait makanan, rempah sejak lama juga digunakan sebagai jamu, kosmetik dan antimikroba. Berikut ini adalah beberapa jenis rempah yang banyak digunakan pada produk pangan, antara lain:

Jahe. Berbagai masakan tradisional Indonesia memanfaatkan jahe sebagai bumbu masak. Jahe dalam industri pangan telah digunakan secara luas. Wedang jahe, bajigur, bandrek, beras kencur, cabai puyang, sekoteng, kopi jahe adalah contoh minuman yang menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Rimpang jahe segar atau kering yang telah diiris-iris dan dimasak dengan air sering dijadikan minuman jahe untuk menghangatkan badan. Jahe juga diolah sebagai permen dan ginger wine.

Kunyit. Dikenal juga dengan istilah kunir, memiliki peran yang besar dalam seni kuliner maupun keperluan lainnya. Warna kuning pada kunyit disebabkan adanya kandungan kurkumin. Selain memberikan efek warna kuning pada masakan, kurkumin juga dapat mengundang selera. Kunyit digunakan sebagai pewarna alami pada makanan, seperti pada nasi kuning yang telah dikenal secara luas di Indonesia. Tepung kunir dimanfaatkan secara luas sebagai bumbu, zat pewarna makanan dan pengawet. Berbagai masakan tradisional di Indonesia sangat bergantung kepada kunyit sebagai salah satu komponen bumbu.

Lada. Terdapat dua jenis lada, yaitu lada hitam dan putih. Namun, yang paling banyak dikenal adalah lada putih atau biasa dikenal oleh orang Indonesia dengan sebutan merica. Lada sejak lama telah digunakan sebagai salah satu bahan penting sebagai bumbu dalam pengolahan makanan. Di Eropa dan Asia, lada secara luas digunakan sebagai penyedap rasa karena mempunyai aroma khas dan cita rasa pedas yang menyebabkan kelezatan pada makanan. Lada dimanfaatkan sebagai bumbu masakan karena mempunyai sifat menghangatkan dan melancarkan peredaran darah. Ayam lada hitam, kepiting lada hitam, daging sapi lada hitam adalah contoh makanan yang menggunakan lada hitam sebgai ingrediennya.

Selengkapnya tentang Rempah Populer di Industri Jasa Boga dapat dibaca di Kulinologi Edisi Agustus 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...