Diet Ketogenik: Amankah untuk Kesehatan?



Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton.

Dengan mengubah komposisi makan menjadi tinggi lemak dan rendah karbohidrat, maka diharapkan akan mengubah kondisi metabolisme glukosa menjadi metabolisme lemak (ketogenesis) di mana tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Hal tersebut membuat lemak dalam sel-sel tubuh diproses menjadi energi melalui mekanisme lipolisis membentuk asam lemak bebas (ALB) dan senyawa keton. Metabolisme lemak memerlukan proses respirasi yang tinggi di dalam sel, sehingga hanya sel tubuh yang normal dan sehat saja yang dapat menggunakan ALB dan keton sebagai sumber energi. Dengan demikian sel-sel yang abnormal seperti sel kanker, patogen, atau sel yang terinfeksi virus akan kehilangan energi utama yaitu glukosa, sehingga akan berkurang dengan metode diet ketogenik ini.

Diet ini secara mendasar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu diet ketogenik umum dan diet ketogenik terapi. Diet ketogenik umum biasanya digunakan untuk mereka yang bertujuan membentuk pola hidup sehat ataupun menurunkan berat badan, sedangkat aplikasi diet ketogenik terapi digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti kanker, epilepsi, dan lain sebagainya. Selain tujuannya yang berbeda, kedua diet tersebut juga membedakan persentase asupan zat gizi di dalamnya.

Selengkapnnya baca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...