Inilah Manfaat Konsumsi Kopi Hijau bagi Kesehatan



Ketertarikan orang untuk mengkonsumsi kopi hijau terutama disebabkan  oleh keinginan untuk menurunkan berat badan.  Walaupun demikian, konsumsi kopi hijau juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Asam klorogenat juga dapat berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi.  Konsumsi asam klorogenat  dapat mencegah resiko penyakit Alzheimer. 
  • Kopi hijau dapat mencegah pembentukan low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat.Hal ini dapat menurunkan  resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Kopi hijau memiliki antioksidan berupa asam klorogenat, Gamma-aminobutyric Acid (GABA), teofilin, dan apigalokatekin galat. Antioksidan berfungsi mengurangi pengaruh kerusakan sel akibat pembentukan radikal bebas dalam tubuh kita. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, mencegah keriput di kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit.
  • Asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah.  Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak green coffee yang mengandung 50 sampai 140 mg asam klorogenat setiap hari selama 4 hingga 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.  Tekanan darah sistolik turun 5 hingga 10 mmHg, sedangkan tekanan darah diastolik turun 3 hingga 7 mmHg.
  • Ekstrak green coffee efektif dalam menurunkan stress oksidative pada pasien yang kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada pasen tersebut untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan menghindari terjadinya stres oksidatif kronis, yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif lainnya.

Selengkapnya baca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...