Inilah Manfaat Konsumsi Kopi Hijau bagi Kesehatan



Ketertarikan orang untuk mengkonsumsi kopi hijau terutama disebabkan  oleh keinginan untuk menurunkan berat badan.  Walaupun demikian, konsumsi kopi hijau juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Asam klorogenat juga dapat berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi.  Konsumsi asam klorogenat  dapat mencegah resiko penyakit Alzheimer. 
  • Kopi hijau dapat mencegah pembentukan low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat.Hal ini dapat menurunkan  resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Kopi hijau memiliki antioksidan berupa asam klorogenat, Gamma-aminobutyric Acid (GABA), teofilin, dan apigalokatekin galat. Antioksidan berfungsi mengurangi pengaruh kerusakan sel akibat pembentukan radikal bebas dalam tubuh kita. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, mencegah keriput di kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit.
  • Asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah.  Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak green coffee yang mengandung 50 sampai 140 mg asam klorogenat setiap hari selama 4 hingga 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.  Tekanan darah sistolik turun 5 hingga 10 mmHg, sedangkan tekanan darah diastolik turun 3 hingga 7 mmHg.
  • Ekstrak green coffee efektif dalam menurunkan stress oksidative pada pasien yang kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada pasen tersebut untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan menghindari terjadinya stres oksidatif kronis, yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif lainnya.

Selengkapnya baca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...