Inilah Manfaat Konsumsi Kopi Hijau bagi Kesehatan



Ketertarikan orang untuk mengkonsumsi kopi hijau terutama disebabkan  oleh keinginan untuk menurunkan berat badan.  Walaupun demikian, konsumsi kopi hijau juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Asam klorogenat juga dapat berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi.  Konsumsi asam klorogenat  dapat mencegah resiko penyakit Alzheimer. 
  • Kopi hijau dapat mencegah pembentukan low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat.Hal ini dapat menurunkan  resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Kopi hijau memiliki antioksidan berupa asam klorogenat, Gamma-aminobutyric Acid (GABA), teofilin, dan apigalokatekin galat. Antioksidan berfungsi mengurangi pengaruh kerusakan sel akibat pembentukan radikal bebas dalam tubuh kita. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, mencegah keriput di kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit.
  • Asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah.  Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak green coffee yang mengandung 50 sampai 140 mg asam klorogenat setiap hari selama 4 hingga 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.  Tekanan darah sistolik turun 5 hingga 10 mmHg, sedangkan tekanan darah diastolik turun 3 hingga 7 mmHg.
  • Ekstrak green coffee efektif dalam menurunkan stress oksidative pada pasien yang kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada pasen tersebut untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan menghindari terjadinya stres oksidatif kronis, yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif lainnya.

Selengkapnya baca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya