Inilah Manfaat Konsumsi Kopi Hijau bagi Kesehatan



Ketertarikan orang untuk mengkonsumsi kopi hijau terutama disebabkan  oleh keinginan untuk menurunkan berat badan.  Walaupun demikian, konsumsi kopi hijau juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Asam klorogenat juga dapat berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi.  Konsumsi asam klorogenat  dapat mencegah resiko penyakit Alzheimer. 
  • Kopi hijau dapat mencegah pembentukan low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat.Hal ini dapat menurunkan  resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Kopi hijau memiliki antioksidan berupa asam klorogenat, Gamma-aminobutyric Acid (GABA), teofilin, dan apigalokatekin galat. Antioksidan berfungsi mengurangi pengaruh kerusakan sel akibat pembentukan radikal bebas dalam tubuh kita. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, mencegah keriput di kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit.
  • Asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah.  Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak green coffee yang mengandung 50 sampai 140 mg asam klorogenat setiap hari selama 4 hingga 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa.  Tekanan darah sistolik turun 5 hingga 10 mmHg, sedangkan tekanan darah diastolik turun 3 hingga 7 mmHg.
  • Ekstrak green coffee efektif dalam menurunkan stress oksidative pada pasien yang kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada pasen tersebut untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan menghindari terjadinya stres oksidatif kronis, yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif lainnya.

Selengkapnya baca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 24, 2018

    Jaminan Kualitas Daging Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha

    Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim. Pada hari tersebut dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai suatu rangkaian ibadah. Di Indonesia, proses penyembelihan hewan kurban masih memerlukan banyak perbaikan karena kriteria hewan sembelihan kurban lebih tinggi daripada hewan sembelihan di hari-hari yang lain. Diperlukan proses penatalaksanaan yang baik mulai dari sejak sebelum hewan disembelih hingga daging sembelihan didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya....

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...