Sebelas Tips Penyusunan Menu untuk Warga Usia Lanjut



Para ahli gizi menganjurkan bahwa untuk mencapai masa tua yang sehat, sebaiknya mempraktekkan berbagai konsep berikut:

1.Tidak berlebihan, tetapi cukup mengandung zat gizi sesuai dengan persyaratan kebutuhan wulan (50-60% karbohidrat, 20% lemak, dan 20-30% protein);

2. Bervariasi jenis makanan dan cara olahnya;

3.Membatasi konsumsi lemak dan memilih jenis lemak yang baik;

4. Membatasi konsumsi gula dan minuman berkalori yang banyak mengandung gula;

5.Menghindari rokok dan minuman beralkohol;

6.Cukup mengonsumsi makanan berserat (buah-buahan, sayuran dan serealia) untuk menghindari sembelit atau konstipasi;

7. Cukup mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti susu rendah lemak, yogurt, brokoli, dan ikan;

8. Cukup mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kacangkacangan, daging rendah lemak, bayam dan sayuran hijau;

9.Membatasi penggunaan garam. Gunakan garam diet;

10. Bahan makanan sebagai sumber zat gizi sebaiknya dari bahan yang segar, mudah dicerna, dan mudah dikunyah;

11. Minum yang cukup.

Menu makanan sehari-hari untuk wulan dapat disusun berdasaran konsep gizi seimbang. Arief T Nur Gomo

Selengkapnya tentang Diet untuk pola hidup sehat dapat dibaca di Kulinologi Indonesia edisi Juli 2017

Artikel Lainnya