Hidangan Lebaran Khas Nusantara (bagian 2)



Pada bagian satu, telah dibahas hidangan lebaran khas nusantara seperti ketupat opor ayam, rendang, dan kacang bawang. Selain itu, terdapat juga hidangan lain yang kerap ditemui ketika lebaran seperti nastar, tape uli, gemblong, dan manisan kolang kaling.

Nastar

Kue nastar adalah kue kering yang diberi isi selai nanas. Selai nanas yang digunakan lebih kasar dan kering, tidak seperti selai untuk roti yang halus dan cair agar mudah dioles. Bentuk nastar umumnya bulat, namun dapat dikreasikan seperti dengan topping keju parut, olesan kuning telur dan setangkai cengkih, dibentuk seperti keranjang dengan selai terlihat diatasnya, hiasan cokelat, dan lainnya. Selain nastar, adapula kue kering lainnya seperti kastengel, sagu keju, kue kacang, kue semprit, kue putri salju yang dihidangkan di meja tamu.

Tape Uli

Hidangan ini khas di daerah Betawi, setiap rumah menyajikan tape ketan uli untuk tamunya. Hidangan ini terdiri dari dua makanan yaitu tape ketan dan uli. Tape ketan terbuat dari ketan merah/hitam yang difermentasi dengan ragi. Rasanya asam manis segar. Sedangkan uli berbahan dasar beras ketan putih dan kelapa yang dikukus, kemudian ditumbuk alu sampai lemas dan dicetak. Rasanya legit dan sedikit asin gurih. Dikonsumsi dengan dicocol ke dalam tape ketan. Perpaduannya memberi rasa yang pas dan nikmat.

Gemblong

Gemblong atau uli ketan yang digoreng merupakan hidangan khas lebaran dari Banten. Gemblong yang dimaksud disini adalah yang belum ditambah gula merah seperti gemblong yang dikenal masyarakat Jawa. Rasanya gurih dan warnanya putih kekuningan. Di daerah Rangkas bitung, gemblong dicocol ke dalam semur daging. Di Sunda, gemblong dinikmati dengan angeun lada.

Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang kaling khas dari Betawi adalah hidangan yang terbuat dari kolang kaling (biji buah aren) dimasak dalam larutan gula. Hidangan ini sangat nikmat disajikan dingin. Bisa disajikan sebagai pelengkap minuman seperti es campur, ataupun disajikan langsung untuk hidangan penutup. Rasanya manis dan legit, menjadi cemilan yang ditunggu-tunggu saat lebaran khususnya anak-anak.
Beberapa hidangan ini dapat menjadi pilihan bagi restoran dan home industri kue lebaran, untuk menambah kreasi agar lebih menarik dan nikmat, namun tetap terpelihara kekhasannya. Dengan menyajikan hidangan khas ini, dapat menambah kesan yang istimewa, penuh suka cita di hari kemenangan LF.

Ingin tahu lebih banyak tentang industri jasa boga selama Ramadhan? Silahkan download free artikel dan majalahnya di www.kulinologi.co.id

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....