Tantangan Pemenuhan Syarat Halal Pada UKM Pangan dan Horekaba



Bagi UKM dan industri penyedia layanan pangan seperti hotel, restoran, kafe, katering dan bakeri (horekaba), penambahan komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk pemenuhan persyaratan halal sering menjadi beban yang enggan ditanggung.  Selain itu, faktor pengetahuan yang masih kurang juga memengaruhi pemahaman terhadap pentingnya penerapan halal. Hal ini terbukti dalam beberapa proyek sertifikasi gratis ternyata mencari pengusaha UKM untuk mau mendaftar tidak mudah. SDM yang dimiliki UKM biasanya banyak yang kualifikasi pendidikannya rendah, sehingga kegiatan sertifikasi halal kadang-kadang dinilai mengurangi waktu produksi dan berjualan sehingga mengurangi keuntungan. Rendahnya pengetahuan terkait regulasi usaha dan keamanan pangan di Indonesia. Masih banyak UKM yang belum memiliki ijin usaha dan belum meregistrasi produknya untuk mendapatkan ijin produksi pangan dari instansi terkait. 

Beberapa permasalahan tersebut selama ini secara bertahap dapat diatasi melalui proyek-proyek sertifikasi halal UKM dari lembaga terkait seperti dari Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Agama, Kementerian Perindustrian dan Badan Pengawas Obat Makanan (POM), juga pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi.   Kegiatan dari proyek-proyek ini biasanya mencakup penyuluhan tentang sertifikasi halal, pendampingan persiapan sertifikasi halal dan pelaksanaan sertifikasi halal bekerjasama dengan LPPOM MUI provinsi setempat. KI

Selengkapnya tentang Aspek Halal dalam UKM Pangan dapat dibaca di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Maret 2017.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...