Tantangan mencapai pariwisata kuliner halal



Penghargaan yang diperoleh Indonesia sebagai World's Best Halal Culinary Destination untuk daerah Sumatera Barat menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Tantangan ini tidak hanya bagi pemerintah, namun juga pelaku usaha kuliner maupun pelaku usaha di bidang pariwisata lainnya. Tantangan yang dihadapi di antaranya adalah edukasi. Kurangnya pemahaman kriteria wisata kuliner halal terutama oleh pelaku usaha menjadi tantangan terbesar, mengingat tidak semua pelaku usaha sadar akan pentingnya pengetahuan kriteria makanan halal untuk mengurangi bahkan menghilangkan keraguan wisatawan untuk menikmati kuliner yang disajikan.

Selain itu, branding menjadi tantangan karena sulitnya membangun citra wisatawan untuk yakin dan percaya akan terjaminnya kehalalan kuliner serta kenyamanan wisatawan dalam berwisata kuliner halal. Pemenuhan syarat wisata kuliner halal seperti mudahnya memastikan kehalalan produk dan sertifikasi halal dan fasilitas wisata kuliner. KI

Selengkapnya tentang Pariwisata Kuliner Halal dapat dibaca di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Maret 2017.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...