Dark Chocolate: Primadona Produk Cokelat



Dark chocolate merupakan produk utama dari kakao selain cokelat susu dan cokelat putih. Jenis cokelat ini populer karena selain kualitasnya yang tinggi dibanding jenis produk cokelat lainnya, dark chocolate juga kaya akan komponen antioksidan yang baik untuk kesehatan. Hal tersebut salah satunya karena proporsi pasta kakao yang tinggi pada dark chocolate.

Kualitas dark chocolate dapat dilihat dari kandungan pasta kakaonya. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan standar minimal 35% kandungan pasta cokelat dalam dark chocolate dan Eropa menetapkan standar minimal 43%. Hal tersebut komponen bioaktif dalam dark chocolate mempunyai Kapasitas Absorben Radikal Oksigen (KARO) yang tinggi. KARO pada dark chocolate sebesar 13.120 Unit per 100 gram dan cokelat susu sebesar 6.740 Unit per 100 gram. 

Meskipun harganya relatif lebih mahal daripada jenis cokelat lainnya, dark chocolate tetap banyak diminati oleh konsumen. Dark chocolate cocok diaplikasikan dalam berbagai hidangan. Beberapa contoh hidangan yang menggunakan dark chocolate dapat dibaca di resep-resep Kulinologi Indonesia edisi februari 2017. KI

Selengkapnya tentang Dark Chocolate dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...