Dark Chocolate: Primadona Produk Cokelat



Dark chocolate merupakan produk utama dari kakao selain cokelat susu dan cokelat putih. Jenis cokelat ini populer karena selain kualitasnya yang tinggi dibanding jenis produk cokelat lainnya, dark chocolate juga kaya akan komponen antioksidan yang baik untuk kesehatan. Hal tersebut salah satunya karena proporsi pasta kakao yang tinggi pada dark chocolate.

Kualitas dark chocolate dapat dilihat dari kandungan pasta kakaonya. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan standar minimal 35% kandungan pasta cokelat dalam dark chocolate dan Eropa menetapkan standar minimal 43%. Hal tersebut komponen bioaktif dalam dark chocolate mempunyai Kapasitas Absorben Radikal Oksigen (KARO) yang tinggi. KARO pada dark chocolate sebesar 13.120 Unit per 100 gram dan cokelat susu sebesar 6.740 Unit per 100 gram. 

Meskipun harganya relatif lebih mahal daripada jenis cokelat lainnya, dark chocolate tetap banyak diminati oleh konsumen. Dark chocolate cocok diaplikasikan dalam berbagai hidangan. Beberapa contoh hidangan yang menggunakan dark chocolate dapat dibaca di resep-resep Kulinologi Indonesia edisi februari 2017. KI

Selengkapnya tentang Dark Chocolate dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya