Cikal Bakal Munculnya Bakpia Yogyakarta



Munculnya bakpia diawali oleh perjalanan Kwik Sun Kok pada 1947 yang merantau di Cina dan menetap di Wonogiri. Kemudian Kwik Sun Kok membuka usaha di daerah di Yogya yang sekarang dikenal dengan nama Kampung Tamansari. Di jalan Tamansari Kampung Suyowijayan Kwik Sun Kok membuat kue yang akhirnya dikenal dengan nama Bakpia Yogyakarta. Meskipun Kwik Sun Kok tidak mengusahakan bakpia secara spesifik, anak keturunannya kemudian mengelola usaha rumahan di kampung Suryowijayan dengan label Bakpia Lestari. Usaha Kwik Sun Kok tidak hanya bakpia saja tetapi juga makanan akulturasi budaya Tionghoa yang lain seperti kue mangkok, kueku, kue lapis, dan lain-lain. 

Perkembangan selanjutnya adalah lahirnya bakpia Nitigurnito, yaitu bakpia yang diproduksi oleh Bapak Nitigurnito, pemilik tanah yang disewa Kwik Sun Kok. Tampilan bakpia Nitigurnito kulitnya sedikit lebih keras dan lebih tebal namun isinya tetap kacang hijau yang dihancurkan. Pada tahun 1950-1960, Bakpia Nitigurnito ini diedarkan keliling kota menggunakan pikulan kotak berdinding kaca, berkerangka kayu dengan tulisan Bakpia Nitigurnito. Namun setelah itu tidak diketahui perkembangan bisnis bakpia Nitigurnito karena yang menyusul kemudian adalah tenarnya Bakpia Pathuk. KI

Selengkapnya tentang Bakpia Yogyakarta dapat dibaca di Mjalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...