Lemak dan Minyak: Apakah Harus Dihindari?



Kebanyakan masyarakat modern saat ini berpendapat bahwa semua yang mengandung lemak merupakan hal yang harus dihindari pada saat memilih makanan yang akan disantap.

Namun harus disadari bahwa lemak memiliki peran penting bagi tubuh karena lemak adalah gizi yang juga diperlukan tubuh kita. Disamping itu, lemak merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh selain karbohidrat dan protein. 

Menurut Dosen Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Ali Khomsan lemak juga berperan memelihara kulit, rambut, melindungi organ penting, seperti ginjal, liver, dan organ reproduksi, serta menjaga badan agar tetap hangat. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, rasa kenyang yang kita rasakan setelah makan juga akan bertahan lebih lama.

Namun perlu diketahui bahwa lemak juga berperan dalam meningkatkan kolesterol darah bila dikonsumsi berlebihan. Saat ini penyakit stroke dan penyakit jantung koroner diketahui terkait dengan meningkatnya kadar kolesterol darah yang mungkin diawali oleh peningkatan asupan lemak secara berlebihan.  Oleh sebab itu, kita sikapi keberadaan lemak dalam konsumsi makanan sehari-hari secara baik. Anjuran konsumsi lemak maksimal adalah 30% dari asupan energi. Diperkirakan asupan lemak harian individu dewasa adalah sekitar 60-70 g. KI

Tanya jawab selengkapnya tentang Lemak dan Minyak dapat dibaca di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya