Diet Efektif Untuk Berat Badan Ideal



Pola konsumsi yang baik merupakan hal yang wajib diperhatikan dalam menjaga berat badan yang ideal. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan pengaturan asupan makanan yang masuk harus seimbang dengan jumlah kalori yang dikeluarkan untuk aktivitas sehari-hari.

Ahli Gizi dan Program Manager PT Shape Up Indonesia, Vera Yudi H. Napitupulu mengatakan bahwa kebutuhan asupan kalori penduduk Indonesia berkisar antara 1600-2000 kalori per hari. Hal tersebut menjadi acupan dapat rencana penerapan diet. Asupan kalori dapat dipenuhi dengan konsumsi berbagai bahan pangan. Menurut Vera, beberapa pola konsumsi orang Indonesia cenderung dapat meningkatkan kemungkinan obesitas. Hal tersebut karena asupan kalori yang melebihi batas yang dibutuhkan tubuh. 

Vera menuturkan bahwa sarapan dengan semangkuk bubur ayam, gorengan dan segelas teh manis kira-kira mengandung 900 kalori, makan siang dengan daging dengan nasi atau kentang serta segelas minuman mengandung 1000 kalori, kemudian konsumsi snack diantara dua makan besar diperkirakan 600 kalori, lalu jumlah asupan makan malam sekitar 750-1000 kalori. Sehingga total asupan yang masuk ke tubuh sebesar 3250-3500 kalori. KI

Selengkapnya tentang Lemak dan Berat Badan dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya