Merajut Masa Depan Inovasi Kewirausahaan Teknologi Pertanian



Sektor agro merupakan salah satu sektor penting yang terus berkembang. Inovasi kewirausahaan menjadi hal yang berperan dalam memperkaya produk-produk baru yang menjawab kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, dukungan dan kolaborasi antara pelaku usaha, akademisi dan pemerintah diperlukan dalam pengembangan usaha kecil menengah (UKM).

Archipelago Coffee Bag adalah salah satu inovasi produk kopi. Melihat masalah yang dialami para penikmat kopi hitam atau kopi tubruk seperti kurang praktis dan adanya ampas dari penyeduhan kopi. "Oleh karena itu, Archipelago Coffee Bag berinovasi dengan serbuk kopi hitam celup dalam kantong nilon," tutur Farah, Pemilik Archipelago Coffee Bag dalam  Forum Akselerasi Inovasi Idea Piching yang diselenggakan oleh IPB pada 6 Februari 2017 di IPB International Convension Center Bogor. Hal tersebut membuat kopi hitam lebih praktis dinikmati, tidak menghasilkan ampas, serta aroma yang cita rasa yang tetap kuat jika dibanding kopi instan yang telah beredar luas di pasar. KI-29

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...