Asam Lemak Esensial: Asupan Wajib Bagi Tubuh



Dalam upaya mempertahankan berat tubuh yang ideal dan menjauhi kemungkinan obesitas, Hardinsyah menyarankan selain untuk memperbanyak aktivitas fisik, juga diperlukan asupan yang mendukung tubuh terhindar dari kegemukan. Beberapa zat gizi yang seharusnya menjadi asupan adalah asam lemak jenis asam linoleat, Asam Eikosapentaenoat (EPA) dan Asam Dokosaheksaenoat (DHA), serta serat, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah.

Asam linoleat adalah salah satu asam lemak esensial yang harus diperoleh dari asupan sehari-hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya. Asam linoleat bersifat tidak jenuh, merupakan asam lemak omega-6 dengan panjang rantai 18 Karbon. Asam lemak ini banyak ditemukan dalam minyak nabati, seperti minyak biji bunga matahari dan minyak jagung.

EPA dan DHA merupakan jenis asam lemak tidak jenuh omega-3 yang mempunyai fungsi fisiologis yang baik bagi tubuh, seperti perkembangan otak, sistem peredaran darah, pernafasan, reproduksi, dan kekebalan tubuh. Kedua asam lemak ini banyak ditemui pada minyak ikan, mikroalga, serta seafood, termasuk kepiting, tiram, udang, dan krustasea lainnya. KI

Selengkapnya tentang Lemak dan Berat Badan dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Februari 2017

Artikel Lainnya