Fakta Konsumsi Lemak untuk Kesehatan



Lemak merupakan salah satu komponen dasar yang dibutuhkan tubuh. Lemak atau minyak yang dikonsumsi berfungsi untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K serta menambahkan rasa pada makanan.

"Lemak diperlukan untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Adanya lemak sebagai zat gizi juga sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mencerdaskan perkembangan otak bagi janin", tutur Dr. Entos Zainal, DCN, SP, MPHM, Sekjend Persagi dalam Simposium "Masakan Rumah, The Silent Killer?" di Jakarta pada 25 Januari 2017.

Konsumsi lemak juga perlu dikontrol, karena jumlah lemak yang berlebih pada tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan di antaranya penyakit tidak menular (PTM). Jumlah kematian di Indonesia mencapai 71% disebabkan karena PTM.

Untuk mengurangi potensi PTM dapat dilakukan di antaranya dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL). Selain itu juga perlu dilakukan olahraga seimbang, konsumsi buah dan sayur yang cukup, dan lakukan cek kesehatan secara teratur. Fri-33

Artikel Lainnya