Membangun Citra dan Kecintaan terhadap Pangan Tradisional



Masuknya berbagai jenis produk pangan impor ke Indonesia menyebabkan berkurangnya minat generasi muda untuk mengonsumsi pangan tradisional. Kecenderungan untuk menikmati makanan impor semakin tinggi dengan adanya beragam promosi menarik. Makanan tradisional yang memiliki komposisi lebih sehat justru mulai ditinggalkan karena kurangnya promosi pada generasi muda. Hal tersebut mendasari Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Sahid Jakarta menyelenggarakan acara Sahid Food Technology Expo (SAFOTECH EXPO 2017) dengan tema "My Traditional Food, My Functional Food" yang dimulai 17 Januari dan berakhir Februari 2017.

 

Acara ini terdiri atas beberapa rangkaian acara yaitu: kompetisi business plan antar mahasiswa D3/S1, demo pameran produk olahan pangan, lomba debat pangan dan bazar pangan tradisional. Acara dihadiri oleh Dekan FTIP Dr. Ir. Iman Basriman, MSi dan Wakil Rektor C Universitas Sahid Jakarta Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo, MSi. "Informasi tentang pangan tradisional dan pengembangan serta prospek ke depan tentang inkubator bisnis sangat penting bagi FTIP Universitas Sahid Jakarta", tutur Dekan FTIP.

 

Kegiatan business plan yang telah terselenggara diikuti oleh 20 kelompok, kemudian kelompok yang lolos seleksi proposal oleh juri mengikuti pameran. Kelompok tersebut yaitu Caqyou, Apesi, Pempek Chachelli, Ranggita, Dag-Niz, Cimol Sahid, Supa Soke, Kukuwe Ice, Sweet Rangi Cake, Si Codding, Rolinza Onde, Dragon Éclair, Violet Batatas, Dolaku,  dan Jari Keki.

 

Juara 1 business plan diraih oleh Rolinza Onde. Juara juga diberikan untuk kategori best plating, best serving, dan best stand yang diraih oleh Si Codding, Rolinza Onde, dan Caqyou. KI-33

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...