Anjuran Konsumsi Kopi yang Baik Bagi Tubuh



Sebagai salah satu minuman yang telah dikenal oleh semua kalangan masyarakat, pengetahuan tentang konsumsi kopi yang baik perlu diketahui. Meminum kopi dapat menimbulkan dampak negatif bagi peminumnya jika dikonsumsi dengan salah. Namun, di sisi lain dengan konsumsi kopi yang baik dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Hasil penelitian yang disampaikan dalam 1st International Seminar on Nutrition pada Desember 2016 lalu di Universitas Indonesia menunjukan bahwa tingkat konsumsi kopi di Indonesia masih rendah. Persentase mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin tiap hari sebesar 17%; 4-6 kali per minggu 13%; 1-3 kali per minggu 32%; dan 1-3 kali per bulan 38%. 

Berdasarkan porsi harian kopi yang dikonsumsi, sebanyak 92% responden mengonsumsi satu cangkir kopi per hari, 7% mengonsumsi dua cangkir per hari dan hanya 1% responden yang mengonsumsi 3 cangkir per hari. 

Konsumsi lebih dari enam cangkir kopi per hari dapat meningkatkan Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol dalam plasma darah. Hal tersebut disebabkan kopi mengandung senyawa diterpene berupa kahweol dan kafesol yang terbukti meningkatkan serum kolesterol dan alanin aminotransferase. KI

Selengkapnya tentang Konsumsi Kopi yang Baik dapat diakses di majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Januari 2017

Artikel Lainnya