Kedai Kopi: Peluang Cerah Hilirisasi Kopi Indonesia



Sebagai salah satu negara penghasil kopi, produksi bahan baku kopi Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Berdasarkan data statistik perkebunan kopi Indonesia, jumlah produksi kopi nasional pengalami peningkatan dari 686.921 ton pada 2010 menjadi 739.005 ton pada 2015. Biji kopi Indonesia sebagian besar adalah hasil dari perkebunan rakyat, disusul perkebunan swasta dan perkebunan negara.

ìPengembangan IKM pengolahan kopi spesial menjadi salah satu agenda dalam program quickwin hilirisasi produk pertanian menjadi produk agroindustri,î tutur Musdinar, Kasubdit Pangan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian pada seminar  Roasting Coffee yang diselenggarakan pada November 2016 lalu di Jakarta. Musdinar menambahkan bahwa diharapkan dengan adanya program penumbuhan dan pengembangan IKM dapat meningkatkan pertumbuhan populasi sektor IKM sekaligus meningkatkan daya saing produk IKM.

Selain dalam bentuk pabrik pengolahan, usaha kopi sebagai industri jasa boga juga terus tumbuh. Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya kedai-kedai kopi di Indonesia. Meskipun konsumsi  kopi domestik masih rendah yaitu sebesar 0,9 kg/kapita/tahun jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi kopi di Finlandia 11,4 kg/kapita/tahun dan Norwegia 10,6 kg/kapita/ tahun, namun konsumsi kopi dalam negeri meningkat dengan tingkat pertumbuhan konsumsi sekitar 7%.

Beberapa permasalahan yang harus diselesaikan dalam upaya peningkatan usaha pengolahan kopi di Indonesia antara lain: pengetahuan pasca panen yang masih kurang karena sebagian besar masih dilakukan dengan cara tradisional sehingga mutu biji kopi sebagai bahan baku menjadi rendah; terbatasnya penguasaan teknologi proses pada tahap roasting serta perlunya Inovasi teknologi produk kopi disesuaikan terhadap selera konsumen, dengan cita rasa yang didasarkan: jenis kopi, kualitas biji kopi, lingkungan tempat tumbuh tanaman dan teknologi pengolahan biji kopi. KI

Selengkapnya tentang Perkembangan Kedai Kopi di Indonesia dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Januari 2017

 

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....