Kopi Tarik : Cita Rasa Kearifan Lokal Indonesia



Di Indonesia terdapat berbagai cara menikmati kopi seperti kopi tubruk di Jawa dan kopi tarik di Sumatera bagian utara. Ada cara lain dalam menikmati seduhan kopi yaitu diminum bersama jahe di Jawa Tengah, kopi dengan kacang hijau dan jagung di Jawa Timur, dan kopi dengan duren di Sumatera Selatan, bahkan kopi dengan ginseng yang kemungkinan dari Korea. 

Kopi tarik adalah minuman kopi yang diekstrak dengan cara yang unik, yaitu bubuk kopi diletakkan pada saringan yang diletakkan di atas gelas. Kemudian air panas dituang dari ketinggian tertentu ke dalam bubuk kopi tersebut sehingga ketika sampai di gelas, air tersebut telah membawa ekstrak bubuk kopi. Pengekstrakan ini dilakukan berulang kali sehingga hasilnya maksimal. Cara minum minuman kopi ini lazim ditemukan di Sumatera. 

Metode ekstraksi yang unik pada kopi tarik menjadikan cita rasa yang khas pada kopi. Aceh menjadi daerah yang terkenal dengan kedai-kedai kopi tariknya. Atraksi barista dalam menyeduh kopi tarik menjadi perhatian menarik bagi para pengunjung dan wisatawan yang datang. KI

Selengkapnya tentang Kopi Indonesia dapat diakses di Majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Januari 2017

Artikel Lainnya