Kopi Joss: Seduhan Unik dari Jogja



Minuman ini dipopulerkan oleh sebuah angkringan di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta dan merupakan nama dari kopi tubruk yang ditambah dengan sedikit bara kayu atau arang yang masih membara. Kata ìjossî tercetus ketika penikmat kopi di angkringan ini mendengarkan suara yang timbul dari arang panas yang dimasukkan ke dalam gelas kopi tubruk. Dengan ditambahkan arang, kopi ini menjadi semakin pahit dan sepat namun semakin banyak pula orang yang menyukainya.

Walaupun menyebabkan lebih sepat dan pahit, kemungkinan arang yang dimasukkan ke dalam kopi memiliki khasiat untuk mengikat kafein yang terdapat dalam kopi sehingga dapat mengurangi kandungan kafein dalam kopi. Benar tidaknya belum diuji. Arang juga mempunyai kemungkinan dapat mengikat polutan dan racun serta memperbaiki aroma kopi. Mbah Pairo, seorang pencetus kopi joss mengatakan bahwa kopi yang disajikan dengan arang dapat menghangatkan badan di malam hari, mengobati sakit perut dan masuk angin. KI

Selengkapnya tentang Teknik Unik Menyeduh Kopi di Indonesia dapat diakses di majalah KULINOLOGI INDONESIA edisi Januari 2017

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...