Roti semir, bukti akulturasi penyesuaian cita rasa barat dan timur



Roti adalah kudapan hasil akulturasi bangsa Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan. Sedangkan kue umumnya merupakan nama kudapan hasil akulturasi dengan bangsa Asia lain khususnya Cina dan Melayu. Istilah roti digunakan untuk memberi nama kudapan yang berbahan dasar terigu sedangkan kue adalah nama kudapan yang mayoritas bahan pembuatnya sangat bervariasi mulai dari tepung beras, tepung ketan, tepung kacang-kacangan atau komoditas lain.

Nama roti semir berasal dari bahasa Belanda boter smeer broodjes, dengan lidah Jawa smeer diucapkan menjadi semir. Roti semir bernama asli warmball, yang juga merupakan bahasa Belanda yang berarti bola-bola yang hangat karena bentuk rotinya memang setengah bola. Jadi roti semir adalah roti yang berasa sedikit manis yang bentuknya setengah bulat kemudian dipotong mendatar sehingga menjadi dua bagian dasar dan tutup. Pada bagian dasarnya dioleskan campuran tepung gula, margarin, susu kental manis, serta serbuk vanili atau perisa rhum. Jadilah roti semir siap dinikmati. Roti ini sangat sederhana, mudah menyiapkannya dan sangat praktis untuk sarapan pagi atau bekal anak-anak ke sekolah. KI

Selengkapnya tentang Roti dan Kue Tempo Dulu Dalam Kuliner Indonesia dapat diakses di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Desember 2016

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...