Pentingnya publikasi industri jasa boga Indonesia di kancah internasional



Menurut data riset dasar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2012, Economic Multiplayer Effect dari kegiatan di bidang kuliner adalah nomor dua setelah kereta api, yaitu 47% dari seluruh kegiatan yang ada. Oleh karena itu, kegiatan dalam industri jasa boga merupakan salah satu pembangun kesejahteraan masyarakat yang strategis. 

Buku ìIndustri Jasa Bogaî yang diterbitkan pada Juni 2016 lalu ini secara garis besar menjelaskan tentang industri jasa boga di Nusantara sebagai upaya untuk memperkenalkan dan mengangkat kuliner Indonesia yang sudah banyak dikenal secara internasional, namun masih miskin publikasi. ìOleh karena itu, tidak mudah bagi penulis untuk menerapkan rumusan faktor-faktor yang pada umumnya ditulis untuk industri jasa boga berbasis kuliner barat (kontinental), mengingat pustaka yang langsung membicarakan kuliner Nusantara hingga saat ini belum ada sehingga buku ini mencoba menampilkannya dan mengintegrasikan agar jasa boga yang dimaksud lebih bisa diterapkan di Indonesia,î tutur Murdijati, salah satu penulis buku Industri Jasa Boga. KI

Selengkapnya tentang review buku Industri Jasa Boga bisa diakses di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Desember 2016

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...