Saatnya Melawan Obesitas dengan Diet Sehat



Obesitas telah menjadi salah satu masalah Dunia. Di Indonesia, perubahan susunan demografi memungkinkan munculnya penyakit-penyakit kronik. Penyakit kronik tersebut sebagain besar dipengaruhi oleh makanan dikonsumsi, seperti diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Menurut Prof. Hardinsyah, Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Seminar Kesehatan: How to Fight Obesity di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia pada 24 Desember 2016, hanya ada dua negara yang dapat mempertahankan diet untuk pencegahan obesitas, yaitu Jepang dan Korea Selatan. Di Indonesia, terjadi peningkatan obesitas pada semua kelompok umur. Selain itu, wanita mempunyai persentase obesitas yang lebih tinggi daripada laki-laki.

Menurut WHO, aktivitas fisik dan diet yang baik merupakan cara yang paling efektif dalam mengurangi kemungkinan obesitas. Beberapa bahan pangan yang baik untuk menanggulangi obesitas yaitu buah dan sayur, beras merah, dan kacang-kacangan. KI-29

Artikel Lainnya