Buah Tropis Indonesia: Primadona di Pasar Buah Dunia



Buah tropis Indonesia merupakan salah satu aset kebanggaan bangsa. Kekayaan buah dalam negeri harus terus dikembangkan dan dimanfaatkan dengan optimal. Beberapa buah yang telah dikenal sebagai buah tropis Indonesia adalah alpukat, jambu biji, belimbing, durian, duku, jeruk, mangga, manggis, melon, markisa, nangka, nanas, papaya, sawo, pisang, rambutan, salak, sirsak, semangka, dan buah naga.

Dalam rangkaian acara Fruit Indonesia 2016 yang telah digelar sebelumnya di Parkir Timur Senayan, Bogor Fruit Indonesia Carnival 2016 digelar pada 10-11 Desember 2016 lalu. Acara dihadiri oleh beberapa kementerian seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Ekonomi, Kementerian Perdagangan, serta instansi pemerintah dan pendidikan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan berbagai jenis buah nusantara kepada masyarakat, menumbuhkan kecintaan terhadap buah nusantara serta meningkatkan konsumsi buah dan produksi buah dalam negeri," ungkap Prof. Herry Suhardianto, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sejak 2013 ini diikuti oleh para pelaku usaha pertanian dan pengolahan buah yang tergabung dalam Pasar Tani. Selain itu, diadakan pula pawai yang diramaikan oleh kendaraan berhias buah-buahan diikuti dengan pembagian bibit buah-buahan di sekitar Kebun Raya Bogor. KI-29

Artikel Lainnya