Buah Tropis Indonesia: Primadona di Pasar Buah Dunia



Buah tropis Indonesia merupakan salah satu aset kebanggaan bangsa. Kekayaan buah dalam negeri harus terus dikembangkan dan dimanfaatkan dengan optimal. Beberapa buah yang telah dikenal sebagai buah tropis Indonesia adalah alpukat, jambu biji, belimbing, durian, duku, jeruk, mangga, manggis, melon, markisa, nangka, nanas, papaya, sawo, pisang, rambutan, salak, sirsak, semangka, dan buah naga.

Dalam rangkaian acara Fruit Indonesia 2016 yang telah digelar sebelumnya di Parkir Timur Senayan, Bogor Fruit Indonesia Carnival 2016 digelar pada 10-11 Desember 2016 lalu. Acara dihadiri oleh beberapa kementerian seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Ekonomi, Kementerian Perdagangan, serta instansi pemerintah dan pendidikan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan berbagai jenis buah nusantara kepada masyarakat, menumbuhkan kecintaan terhadap buah nusantara serta meningkatkan konsumsi buah dan produksi buah dalam negeri," ungkap Prof. Herry Suhardianto, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sejak 2013 ini diikuti oleh para pelaku usaha pertanian dan pengolahan buah yang tergabung dalam Pasar Tani. Selain itu, diadakan pula pawai yang diramaikan oleh kendaraan berhias buah-buahan diikuti dengan pembagian bibit buah-buahan di sekitar Kebun Raya Bogor. KI-29

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....