Kopi, minuman yang membudaya



Meminum kopi telah menjadi gaya hidup. Kedai dan kafe kopi banyak bermunculan seiring bertambahnya para penikmat kopi. Jenis kopi arabika dengan flavor khas dan unik menjadi kenikmatan tersendiri ketika menyeduh secangkir kopi. Industri kopi, baik minuman kopi maupun flavor kopi diprediksi akan terus berkembang pada 2017 mendatang.

Baik kopi arabika, robusta maupun blending mempunyai pasar masing-masing. Gairah bisnis kopi pun semakin berkembang ditandai dengan menjamurnya kedai-kedai yang menawarkan kopi sebagai hidangan utamanya. Indonesia merupakan produsen kopi peringkat ke-3 di dunia dengan jumlah produksi 739.005 ton per tahun setelah Brazil dan Vietnam. Berdasarkan data statistik perkebunan kopi Indonesia, Direktorat Jenderal Perkebunan, jumlah produksi kopi nasional meningkat dari tahun 2010 sampai 2015 baik kopi yang dihasilkan dari perkebunan rakyat, perkebunan negara maupun perkebunan swasta. KI

Selengkapnya tentang Tren Industri Jasa Boga 2017 dapat diakses di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Desember 2016

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...