Indonesia Bergizi, Siap Wujudkan Remaja Putri Sehat



Masalah gizi pada remaja terutama remaja putri seakan tidak terjamah. Padahal untuk mengoptimalkan pertumbuhan, remaja perlu gizi dalam jumlah cukup untuk memfasilitasi perubahan biologis, fisiologis dan psikologis yang terjadi pada diri mereka. Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) ada sekitar 40% remaja di Indonesia kekurangan energi kronik. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Ahmad Syafiq dari Pusat Kajian Gizi Universitas Indonesia dalam temu media yang diselenggarakan oleh Japda Foundation di Jakarta, 5 Desember 2016 lalu. Lebih lanjut menurut Syafiq, sebenarnya masalah gizi di Indonesia itu banyak dan konkret, sehingga  diperlukan kerja sama dari beberapa pihak untuk mengatasi masalah yang ada. 

Masih minimnya informasi tentang gizi di masyarakat khususnya pada remaja membuat Japfa Foundation yakni sebuah yayasan yang didirikan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk., prihatin dan memfokuskan diri untuk ikut serta memperbaiki gizi di Indonesia khususnya gizi remaja. Untuk itu, Program Indonesia Bergizi pun digagas sejak setahun lalu untuk mewujudkan misi tersebut. Japfa Foundation mempunyai misi yakni memaksimalkan potensi kaum muda melalui bidang pendidikan, gizi dan olahraga. 

Head of Japfa Foundation, Andi Prasetyo dalam acara yang sama mengungkap bahwa Program Indonesia Bergizi adalah sebuah kampanye yang melibatkan banyak pihak dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat, mengerti gizi, dan bisa menerapkan pola hidup sehat. Program Indonesia Bergizi yang utama adalah roadshow mengenai pentingnya gizi dan dialog dengan pemerhati gizi. Pada roadshow tahun ini Andi menargetkan Indonesia Bergizi dapat mendatangi 50-75 kelompok masyarakat di seluruh Indonesia untuk kampanye gizi.

Tahun ini, secara resmi Japfa Foundation memperkenalkan Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015) sebagai Duta Gizi Japfa Foundation. Dengan kehadiran Maria, diharapkan penyampaian pentingnya gizi untuk remaja lebih mengena dan mendapat perhatian.khusus oleh remaja. KI-12.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...