Indonesia Bergizi, Siap Wujudkan Remaja Putri Sehat



Masalah gizi pada remaja terutama remaja putri seakan tidak terjamah. Padahal untuk mengoptimalkan pertumbuhan, remaja perlu gizi dalam jumlah cukup untuk memfasilitasi perubahan biologis, fisiologis dan psikologis yang terjadi pada diri mereka. Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) ada sekitar 40% remaja di Indonesia kekurangan energi kronik. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Ahmad Syafiq dari Pusat Kajian Gizi Universitas Indonesia dalam temu media yang diselenggarakan oleh Japda Foundation di Jakarta, 5 Desember 2016 lalu. Lebih lanjut menurut Syafiq, sebenarnya masalah gizi di Indonesia itu banyak dan konkret, sehingga  diperlukan kerja sama dari beberapa pihak untuk mengatasi masalah yang ada. 

Masih minimnya informasi tentang gizi di masyarakat khususnya pada remaja membuat Japfa Foundation yakni sebuah yayasan yang didirikan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk., prihatin dan memfokuskan diri untuk ikut serta memperbaiki gizi di Indonesia khususnya gizi remaja. Untuk itu, Program Indonesia Bergizi pun digagas sejak setahun lalu untuk mewujudkan misi tersebut. Japfa Foundation mempunyai misi yakni memaksimalkan potensi kaum muda melalui bidang pendidikan, gizi dan olahraga. 

Head of Japfa Foundation, Andi Prasetyo dalam acara yang sama mengungkap bahwa Program Indonesia Bergizi adalah sebuah kampanye yang melibatkan banyak pihak dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat, mengerti gizi, dan bisa menerapkan pola hidup sehat. Program Indonesia Bergizi yang utama adalah roadshow mengenai pentingnya gizi dan dialog dengan pemerhati gizi. Pada roadshow tahun ini Andi menargetkan Indonesia Bergizi dapat mendatangi 50-75 kelompok masyarakat di seluruh Indonesia untuk kampanye gizi.

Tahun ini, secara resmi Japfa Foundation memperkenalkan Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015) sebagai Duta Gizi Japfa Foundation. Dengan kehadiran Maria, diharapkan penyampaian pentingnya gizi untuk remaja lebih mengena dan mendapat perhatian.khusus oleh remaja. KI-12.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...