Mengenal Buah Unik Indonesia Festival Buah 2016



 

Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai sumber daya pertanian yang melimpah, termasuk di dalamnya komoditas buah. Pemerintah ikut mendukung peningkatan produksi dan promosi buah. Di antaranya dilakukan dengan pengenalan buah unik khas Indonesia seperti jamblang, delima, blewah, jeruk purut, markisa, salak merah, cempedak, terung belanda, durian lay, markisa ungu, matoa dan kesemek.

Selain produksi buah, diperlukan proses pasca panen yang harus dikelola dengan baik agar kualitas produk tetap terjaga. Hal tersebut masih menjadi hambatan beberapa petani buah seperti yang dialami oleh Ruslan, perwakilan Kelompok Tani Melati Unggul, Kebumen, Jawa Tengah. "Pengolahan buah kami (pepaya) menjadi produk yang tahan lama masih menjadi pekerjaan rumah buat kami," jelas Ruslan ketika ditemui di stan Fruit Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan Jakarta pada 7-20 November 2016.

Selain dijual sebagai buah segar, ada pula yang telah mengolah buah menjadi jus segar. Salah satunya dilakukan oleh UKM Papis Juice yang memproduksi jus kedondong dan jus pala. Fitri Supriyati, Marketing Director Papis Juice mengatakan bahwa sebagai pelaku usaha jus segar sangat perlu diperhatikan kualitas dan umur simpan jus. Selain itu, diperlukan pula sentuhan teknologi juicer yang tepat sehingga menghasilkan jus yang sesuai dengan keinginan konsumen. 

Selain pameran, Festival Buah Indonesia 2016 juga dimeriahkan dengan kegiatan lain seperti fruit decoration, kontes buah, fruit forum dan lomba menggambar. KI-29

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...