Meningkatnya Gairah Bisnis Pangan Lokal



 

Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah harus selalu diimbangi dengan pemanfaatan yang optimal. Penggunaan teknologi sangat diperlukan guna mendukung inovasi produk pangan lokal. Dalam pameran SIAL Interfood yang diselenggakan pada 9-12 November 2016 di Jakarta Internasional Expo, terdapat banyak produk pangan olahan dalam negeri dengan citarasa khas Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk impor.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan produk pangan lokal adalah PT Rasaprima Suksea Makmur yang memproduksi berbagai bumbu instan khas nusantara. "Bumbu instan seperti nasi goreng tongseng, nasi goreng ikan roa, sop iga, serta beberapa macam sambal yang kami produksi merupakan produk berbahan lokal yang mempunyai cita rasa otentik," tutur Martha Widyari N, Technical Research and Development PT Rasaprima Sukses Makmur. Dengan proses pengolahan yang tepat, rasa yang otentik dan kemasan yang menarik membuat produk-produk tersebut terpilih sebagai juara SIAL Innovative Product 2016 mengalahkan produk-produk dari luar negeri.

Dengan meningkatkan kebutuhan konsumen dalam merasakan pengalaman citarasa baru dalam mengonsumsi produk pangan, diharapkan produksi pangan lokal akan terus tumbuh dan berkembang. Dukungan dari pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk berperan serta dalam promosi produk-produk lokal. KI-29

Artikel Lainnya