Meningkatnya Gairah Bisnis Pangan Lokal



 

Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah harus selalu diimbangi dengan pemanfaatan yang optimal. Penggunaan teknologi sangat diperlukan guna mendukung inovasi produk pangan lokal. Dalam pameran SIAL Interfood yang diselenggakan pada 9-12 November 2016 di Jakarta Internasional Expo, terdapat banyak produk pangan olahan dalam negeri dengan citarasa khas Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk impor.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan produk pangan lokal adalah PT Rasaprima Suksea Makmur yang memproduksi berbagai bumbu instan khas nusantara. "Bumbu instan seperti nasi goreng tongseng, nasi goreng ikan roa, sop iga, serta beberapa macam sambal yang kami produksi merupakan produk berbahan lokal yang mempunyai cita rasa otentik," tutur Martha Widyari N, Technical Research and Development PT Rasaprima Sukses Makmur. Dengan proses pengolahan yang tepat, rasa yang otentik dan kemasan yang menarik membuat produk-produk tersebut terpilih sebagai juara SIAL Innovative Product 2016 mengalahkan produk-produk dari luar negeri.

Dengan meningkatkan kebutuhan konsumen dalam merasakan pengalaman citarasa baru dalam mengonsumsi produk pangan, diharapkan produksi pangan lokal akan terus tumbuh dan berkembang. Dukungan dari pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk berperan serta dalam promosi produk-produk lokal. KI-29

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...