Metamorfosis Olahan Kacang Hijau



Kacang hijau atau yang biasa disebut kacang ijo merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Pulau Jawa masih menjadi daerah produsen utama kacang ijo di Indonesia dengan produksi mencapai 65% dari total produksi kacang ijo pada tahun 2015. Sebagai bahan pangan, kacang ijo merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan protein sekitar 22,2%. Selain itu kacang ijo juga kaya akan zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat Besi, vitamin A, serta vitamin B1.

Meskipun bukan sebagai makanan pokok, masyarakat seringkali mengolah kacang ijo menjadi masakan siap santap. Hampir semua kalangan dapat menikmati masakan berbasis kacang ijo karena ketersediaan dan harga yang cukup terjangkau. Sejak dahulu, umumnya kacang ijo diolah dengan cara-cara sederhana menjadi bubur kacang ijo. Bubur kacang ijo sepertinya menjadi makanan yang lumrah terdapat di hampir semua daerah di Indonesia. kemudahan memasak, bahan-bahan, serta penyajian yang sederhana membuat bubur kacang ijo dikenal secara luas di Indonesia.

Selain bubur kacang ijo, terdapat banyak jenis olahan kacang ijo dari berbagai daerah. Cita rasa dan cara-cara pengolahannya pun berbeda sesuai selera dan kebiasaan daerah masing-masing, seperti bakpia khas Jogja, kumbu kacang ijo khas Palembang, cake kacang ijo khas Sulawesi Utara, serta jenang kacang ijo yang umum ditemui di daerah Jawa. Kacang ijo kini dapat dinikmati dalam beragam makanan, baik produk tata boga maupun produk pangan industri komersial. 

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi bagi kesehatan, produk pangan dengan klaim kesehatan pun mempunyai peluang pasar yang besar. Produk berbasis kacang ijo ataupun subsitusi kacang ijo seringkali diklaim sebagai produk yang memberikan efek menyehatkan.

Artikel selengkapnya tentang Kacang Hijau dapat diakses di Majalah Kulinologi Indonesia edisi Oktober 2016

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....