Bumbu Pendamping Masakan Daging



Bumbu merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah masakan. Tanpa kehadiran bumbu, masakan jadi ’hambar’, tidak menggiurkan dan tidak menggugah selera. Sentuhan bumbu-bumbu ini ke dalam racikan daging mampu menciptakan rasa dan aroma masakan yang sedap. Ada apa saja?

SAUS TERIYAKI, Saus siap pakai untuk membuat sajian teriyaki atau daging panggang khas Jepang. Umumnya, daging sukiyaki atau potongan ayam fillet yang dimasak dalam saus ini. Rendam daging dalam saus yang terbuat dari campuran kecap, jahe, kaldu, dan mirin. Biarkan meresap, lalu tumis bersama irisan paprika dan bombay. Terakhir, taburi wijen di atasnya.

SAUS BBQ, Saus berwarna coklat tua dengan tekstur kental ini biasa dipakai untuk daging steik dan barbakyu. Saus bbq dibuat dari campuran saus tomat, molasses, kecap, rempah, dan bumbu lainnya. Rendam daging dalam saus ini dan kemudian dipanggang.

SAUS WORCESTERSHIRE, Saus berwarna kuning pucat dari cuka molasses, bawang, gula, ikan anchovy, cabai, dan aneka rempah. Saus ini banyak digunakan di dapur Barat untuk membumbui daging supaya lebih gurih.

KARI BUBUK, Bumbu kari siap pakai yang biasa ditambahkan ke dalam masakan kari. Resep otentik kari ayam atau kari daging Indonesia umumnya ‘boros’ bumbu dan rempah segar, namun Anda bisa membuatnya praktis dengan menggunakan bubuk kari ini.

SAMBAL, Pelengkap hidangan ini cukup populer di Indonesia.Sambal tidak dicampur saat proses pemasakan, namun dijadikan pelengkap saji. Hidangan daging seperti empal dan soto daging, makin ‘nendang‘ bila disantap dengan sambal. Memilih sambal disesuaikan dengan jenis hidangan-nya, seperti empal gepuk paling cocok bersanding dengan sambal terasi. Sedangkan soto, lebih klop dengan sambal rawit.

Oleh Mel

Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah Kulinologi edisi  September 2015, dan dapat diunduh di http://www.kulinologi.co.id/

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...