Bumbu Pendamping Masakan Daging



Bumbu merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah masakan. Tanpa kehadiran bumbu, masakan jadi ’hambar’, tidak menggiurkan dan tidak menggugah selera. Sentuhan bumbu-bumbu ini ke dalam racikan daging mampu menciptakan rasa dan aroma masakan yang sedap. Ada apa saja?

SAUS TERIYAKI, Saus siap pakai untuk membuat sajian teriyaki atau daging panggang khas Jepang. Umumnya, daging sukiyaki atau potongan ayam fillet yang dimasak dalam saus ini. Rendam daging dalam saus yang terbuat dari campuran kecap, jahe, kaldu, dan mirin. Biarkan meresap, lalu tumis bersama irisan paprika dan bombay. Terakhir, taburi wijen di atasnya.

SAUS BBQ, Saus berwarna coklat tua dengan tekstur kental ini biasa dipakai untuk daging steik dan barbakyu. Saus bbq dibuat dari campuran saus tomat, molasses, kecap, rempah, dan bumbu lainnya. Rendam daging dalam saus ini dan kemudian dipanggang.

SAUS WORCESTERSHIRE, Saus berwarna kuning pucat dari cuka molasses, bawang, gula, ikan anchovy, cabai, dan aneka rempah. Saus ini banyak digunakan di dapur Barat untuk membumbui daging supaya lebih gurih.

KARI BUBUK, Bumbu kari siap pakai yang biasa ditambahkan ke dalam masakan kari. Resep otentik kari ayam atau kari daging Indonesia umumnya ‘boros’ bumbu dan rempah segar, namun Anda bisa membuatnya praktis dengan menggunakan bubuk kari ini.

SAMBAL, Pelengkap hidangan ini cukup populer di Indonesia.Sambal tidak dicampur saat proses pemasakan, namun dijadikan pelengkap saji. Hidangan daging seperti empal dan soto daging, makin ‘nendang‘ bila disantap dengan sambal. Memilih sambal disesuaikan dengan jenis hidangan-nya, seperti empal gepuk paling cocok bersanding dengan sambal terasi. Sedangkan soto, lebih klop dengan sambal rawit.

Oleh Mel

Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah Kulinologi edisi  September 2015, dan dapat diunduh di http://www.kulinologi.co.id/

Artikel Lainnya