KUDAPAN DARI KEJU





Keju merupakan produk olahan susu sarat gizi dan sangat luwes diolah dalam berbagai makanan atau kudapan. Kandungan gizi keju lebih tinggi dari susu. Karena tahap pemadatan dan fermentasi dalam proses pembuatan keju meningkatkan nilai gizi keju. Berikut, kehadiran keju dalam berbagai kudapan lezat yang bikin Anda ketagihan untuk memakannya.

BOLU GULUNG KEJU
Buah tangan favorit dari kota Medan ini memang sulit dilewatkan. Bolu nan lembut dengan taburan keju yang memenuhi permukaannya. Olesan krim dan taburan keju yang melimpah di dalamnya, membuat ingin menggigitnya lagi dan lagi.

BAKPIA KEJU
Nama bakpia seolah sudah melekat dan identik dengan kota gudeg, Yogyakarta. Kulit bakpia yang teksturnya berlapis-lapis dan rapuh, dibuat dari tepung terigu. Isiannya bisa bermacam rasa. Keju adalah salah satu varian rasa yang banyak dicari. Biasanya, keju parut dicampur dengan susu supaya cita rasa bakpia makin gurih dan nikmat.

BOLLEN PISANG KEJU
Legitnya pisang dengan potongan keju yang royal, berbalut adonan kulit pastry. Nah, pasti tau kan oleholeh dari kota mana ini? Ya, Bandung! Paduan manis dan gurih kue ini sungguh membuat ketagihan. Terbukti, para wisatawan yang berkunjung ke kota kembang, rela antri demi mendapatkannya.

LASAGNA
Buat Anda penyuka rasa pasta yang creamy, variasi pasta lezat dari Italia ini sukar untuk ditampik. Lapis demi lapis pasta yang lembut, berpadu dengan béchamel saus berbahan keju yang melimpah plus tomat segar dalam saus bolognaise. Enak!

CHEESECAKE
Dari namanya, tentu sudah jelas terbaca bahwa cake ini kaya akan keju. Tapi, jangan lantas terbayang sepotong cake yang berselimut keju parut. Cheesecake memang berbahan dasar keju, tapi yang digunakan jenis keju yang tidak bisa diparut. Krim cheese atau keju krim dan keju mascarpone paling sering digunakan sebagai bahan isi untuk cheesecake.

MARTABAK KEJU
Merupakan golongan martabak manis. Selain dikenal dengan nama martabak, banyak orang menyebutnya kue terang bulan karena bentuknya mirip bulan purnama. Kulit dasar martabak dibuat dari campuran tepung terigu, telur, gula pasir, soda kue, dan air. Adonan dipanggang di atas penggorengan besi yang cukup tebal. Apabila sudah matang, adonan akan berserat dan bagian luar kulit akan berwarna kecokelatan. Untuk isi, bisa disesuaikan dengan selera, biasanya diberi taburan gula pasir, meisis, kacang tanah cincang, wijen atau keju. Sebelum ditumpuk dan dipotong-potong, di atas isian disiram dengan susu kental manis.

KASTANGEL
Salah satu jenis kue kering yang selalu ada setiap hari raya Idul Fitri. Kue klasik berbahan keju ini memang selalu jadi favorit. Untuk resep kastangel, campur keju cheddar yang bercita rasa lembut dengan keju beraroma tajam seperti edam atau parmesan supaya cita rasa kastangel medok kejunya.

CHEESE STICK
Rasa keju yang gurih dan dominan, membuat kletikan renyah yang satu ini disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cheese stick dibuat dari campuran tepung, keju, margarin, dan telur. Adonan diuleni hingga kalis, kemudian digilas menggunakan alat pembuat mi. Tekstur cheese stick bisa kriuk-kriuk berkat cara pembuatannya yang digoreng. Pastikan menggorengnya dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan terlebih dulu, kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan kering.

MACARONI and CHEESE
Meski catatan sejarah pasta berasal dari Italia, namun resep Mac and Cheese disebut-sebut berasal dari Inggris dan begitu populer di Amerika. Paduan sempurna pasta makaroni dan keju ini kabarnya identik dengan negeri Paman Sam. Resep aslinya, sering ditambahkan sedikit saja keju beraroma tajam seperti parmesan, selain cheddar. Mac and Cheese yang creamy paling cocok disajikan dalam keadaan panas sebagai  menu selingan. Mel

Artikel Lainnya

  • Apr 22, 2019

    Perbedaan Cream Cheese dan Cheese Spread

    Untuk penggemar sarapan roti, keju krim (cream cheese) dan keju olesan cream (cheese spread) menjadi satu pilihan untuk diamasukkan ke dalam lapisan lembarlembar roti. Kedua produk tersebut dapat dioles di atas roti sebagai isian bergizi tinggi, atau juga dapat disantap dengan mengoleskannya pada kue atau crackers. Bagi yang suka membuat kue, keju krim dan keju olesan dapat dipakai sebagai campuran adonan dalam cheese cake atau dekorasi krim di atas kue. Lalu apa yang membedakan kedua produk tersebut?   ...

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...

  • Apr 15, 2019

    Kenali Perbedaan Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa

    Alergi protein susu dan intoleransi laktosa merupakan dua masalah utama mengapa orang tidak dapat mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun dapat memberikan gejala yang sama. Alergi susu, biasanya yang berasal dari sapi, timbul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa protein susu yang masuk ke dalam tubuh ialah zat yang berbahaya. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh memberikan respon penolakan dan menghasilkan gejala alergi. Susu sapi mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein yang keduanya dapat memicu reaksi alergi.   ...