Teknologi Pengolahan RENDANG INSTAN





Rendang, rasanya semua orang Indonesia mengenal masakan asli Minangkabau yang merupakan satu jenis masakan Indonesia terpopuler di dunia. Rendang merupakan masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Proses pemasakan rendang memerlukan waktu berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat. Rendang yang demikian dapat bertahan hingga bermingguminggu pada suhu ruang.

Jenis rendang


Berdasarkan kadar air yang diinginkan, jenis rendang dibagi menjadi tiga, mulai yang paling basah hingga yang paling kering, yaitu: gulai, kalio dan rendang kering. Gulai memiliki tekstur paling basah dengan jumlah air paling banyak dibandingkan yang lain. Kalio atau disebut juga rendang basah, adalah rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat. Kalio memiliki umur simpan kurang dari seminggu karena santannya belum mengering. Kalio berwarna coklat terang keemasan dan lebih pucat dibandingkan rendang kering.

Oleh Dr. Nur Aini
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah Kulinologi edisi Maret 2015, yang dapat diunduh diĀ http://www.kulinologi.co.id/

Artikel Lainnya