Bumbu Instan meningkatkan kepopuleran masakan indonesia





Perkembangan bisnis kuliner cukup pesat dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu jenis masakan yang menjadi daya tarik adalah menu tradisional dengan kekhasan rasanya. Hanya saja, seringkali para pengolah masakan di dapur, -seperti Chef dan ibu rumah tangga, mengalami kesulitan dalam meracik bumbu-bumbu. Apalagi jika di dalam bumbu tersebut terdapat salah satu ingridien khas yang sulit ditemukan di daerah lain. Hal yang sama jika masakan tradisional tersebut akan dipopulerkan di luar negeri. Penyiapan bumbu dapat menjadi tantangan tersendiri.

Namun demikian, kini industri jasa boga dan ibu rumah tangga tidak perlu khawatir lagi. Beberapa industri pangan dengan jelinya berhasil mengembangkan bumbu-bumbu instan khas Nusantara. Salah satunya adalah memproduksi bumbu dasar atau bumbu baku yang umum digunakan dalam aneka masakan Indonesia. Setidaknya terdapat tiga jenis bumbu dasar/baku di Indonesia, yakni bumbu merah, kuning, dan putih. Bumbu dasar tersebut terdiri dari ingridien-ingridien nusantara, yang bila dikombinasikan menimbulkan warna dominan tertentu, misalnya bumbu merah dengan bahan dasar cabe, bumbu kuning menggunakan bahab baku kunyit, sedangkan bumbu putih didominasi oleh bawang putih.

Tidak hanya sekedar bumbu dasar. Kini industri jasa boga juga telah dimanjakan dengan kehadiran bumbu instan yang bisa digunakan langsung untuk mengolah masakan-masakan khas nusantara.

Oleh LF
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah Kulinologi edisi Maret 2015, yang dapat diunduh diĀ http://www.kulinologi.co.id/

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...