PESAN GIZI SEIMBANG DALAM JASA BOGA





Makanan merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan utama. Pola makan yang baik akan mendukung fungsi tubuh yang optimal. Sedangkan pola makan yang kurang baik berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.

Tren makan di luar telah mendorong industri jasa boga memiliki peranan penting dalam mempengaruhi gaya hidup sehat. Penyusunan menu yang menyehatkan sangat penting untuk menunjang kesehatan konsumen. Sayangnya, hal tersebut belum banyak menjadi perhatian para Chef. Selama ini, makanan yang enak masih menjadi prioritas utama.

Pentingnya komposisi menu yang telah lama menjadi perhatian berbagai lembaga kesehatan, termasuk Indonesia. Awalnya kita mengenal Empat Sehat Lima Sempurna, yang merupakan slogan gizi yang diperkenalkan olah Prof. Poerwo Soedarmo. Konsep tersebut dikembangkan untuk memastikan kecukupan gizi dengan menganjurkan tersedianya sumber karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Oleh K-09
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah Kulinologi edisi  Februari 2015, yang dapat diunduh di http://www.kulinologi.co.id/

Artikel Lainnya