Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia





Pada Jum'at (24/10) lalu, bertempat di Mall of Indonesia, Kelapa Gading acara Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia berlangsung. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 17-19 Oktober 2014. Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut menghadirkan 30 kuliner khas Indonesia yang merupakan bagian dari 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI).

Festival ini tidak hanya menghadirkan 30 IKTI tetapi juga seminar kuliner, demo masak 30 IKTI, lomba masak bertema 30 IKTI dan hiburan lainnya. Dalam pembukaannya dihadiri oleh Akhyaruddin, Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi Kemenparekraf dan Bondan Winarno sebagai praktisi kuliner. Dalam sambutannya, Akhyaruddin mengatakan kuliner Nusantara harus didukung penuh oleh semua lapisan masyarakat agar kuliner Indonesia dapat berkembang dan menjadi salah satu andalan dari bangsa Indonesia.

Acara ini diharapkan tidak hanya berlangsung saat itu saja, Akhyarudin menyatakan festival ini hanya awal, selanjutnya beberapa rencana yang dibeberkan dari 30 IKTI ini diantaranya akan menjadi resep wajib yang perlu dipelajari oleh Sekolah menengah Kejuruan atau SMK (perhotelan atau tata boga, red) serta Kemenparekraf menghimbau bahwa hotel-hotel di Indonesia untuk menyajikan 30 IKTI ini 

Artikel Lainnya