Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia





Pada Jum'at (24/10) lalu, bertempat di Mall of Indonesia, Kelapa Gading acara Festival 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia berlangsung. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 17-19 Oktober 2014. Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut menghadirkan 30 kuliner khas Indonesia yang merupakan bagian dari 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI).

Festival ini tidak hanya menghadirkan 30 IKTI tetapi juga seminar kuliner, demo masak 30 IKTI, lomba masak bertema 30 IKTI dan hiburan lainnya. Dalam pembukaannya dihadiri oleh Akhyaruddin, Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi Kemenparekraf dan Bondan Winarno sebagai praktisi kuliner. Dalam sambutannya, Akhyaruddin mengatakan kuliner Nusantara harus didukung penuh oleh semua lapisan masyarakat agar kuliner Indonesia dapat berkembang dan menjadi salah satu andalan dari bangsa Indonesia.

Acara ini diharapkan tidak hanya berlangsung saat itu saja, Akhyarudin menyatakan festival ini hanya awal, selanjutnya beberapa rencana yang dibeberkan dari 30 IKTI ini diantaranya akan menjadi resep wajib yang perlu dipelajari oleh Sekolah menengah Kejuruan atau SMK (perhotelan atau tata boga, red) serta Kemenparekraf menghimbau bahwa hotel-hotel di Indonesia untuk menyajikan 30 IKTI ini 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...