The Belly of Durian





Bagaimana jadinya daging sapi diberi saus durian? Mungkin ketika pertama kali anda membacanya sedikit mengernyitkan dahi, namun di Hongkong ada sebuah restoran yang menjadikan menu ini menjadi menu utama. Bedanya, daging yang dipakai adalah daging babi. Secara khusus, Chef Edwin Lau mendemokan resep dari The Belly of Durian yang telah ia ubah sedikit resepnya pada acara My Taste of Hongkong di The Cook Shop, Jakarta. Senin (15/9).

Tantangan ini diterimanya ketika mengisi sebuah program  mengenai Hongkong di sebuah channel tv cable. Pada kesempatan tersebut Chef Edwin Lau sebagai chef perwakilan dari Indonesia diajak untuk berkeliling dan mengenal budaya serta tradisi masyarakat Hongkong sesungguhnya. Kemudian mencicipi hidangan asli Hongkong, serta memasak dengan ide baru yang didapat dari hasil mencicipi hidangan Hongkong tersebut. “Ketika itu, saya dituntut untuk membuat hidangan halal. Dan saya juga kan seorang chef healthy food sehingga saya berusaha menggunakan bahan yang tidak terlalu berlemak dan tinggi karbohidrat,” kata Chef Edwin Lau.

Daging yang diambil pun berupa beef belly sedikit lemak dan teksturnya pun baik. Bahan-bahan lain yang digunakan adalah daging durian yang kemudian dibuat menjadi custard, bumbu ngohiong (China Five Spices), teng-teng, bubuk cabai dan almond yang berguna untuk menetralkan minyak yang ada pada lidah ketika mengunyah hidangan tersebut. “Saya berusaha membuat hidangan ini dapat diterima di lidah Indonesia,” tutur Chef Edwin Lau. Hasilnya? Cukup lezat, nilai 8 dari 10 poin. K-17 

Artikel Lainnya