Ice Cream for Topping





Jika Anda bertandang ke sebuah resto atau kafe, coba perhatikan pilihan menu yang ditawarkan. Selain makanan berat, es krim hampir dipastikan tak pernah ketinggalan memeriahkan buku menu. Es krim termasuk salah satu dessert populer. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua suka makan es krim, apalagi jika es krimnya dibubuhi topping beraneka ragam.

Dalam hal penyajian, es krim pun terus mengalami perubahan untuk membuatnya menjadi lebih nikmat. Selain ditaruh di mangkuk, es krim bisa juga ditaruh di cone dari wafer. Cita rasanya terus dikreasikan hingga menciptakan berbagai pilihan rasa. Yang klasik seperti cokelat, vanila hingga buah-buahan. Ada juga yang mencampurkannya dengan chocolate chip, kopi, cookies, hazelnut atau pistachio. Paduan untuk penyajian es krim juga makin kreatif. Selain dijadikan filling untuk kue sus atau layer cake cokelat, yang paling umum es krim dipakai sebagai topping aneka kudapan dan minuman. Seperti apa rasanya?

Milkshake

Jenis minuman yang sudah familiar di lidah orang banyak. Berupa susu diberi tambahan topping

es krim, sering juga diberi tambahan sirup buah atau saus cokelat. Penambahan ini dilakukan sebagai variasi penyajian susu, juga untuk memperkaya cita rasa.

Espresso ice cream

Espresso merupakan kopi klasik yang sangat pekat dan pahit, kopi ini cocok diminum oleh penikmat kopi sejati. Selain espresso versi hangat yang disajikan dalam cangkir kopi kecil, espresso dingin biasa disajikan dengan topping es krim bercita rasa vanili. Kopi yang sedikit pahit pas diaduk dengan es krim.

Root beer ice cream

Semriwing rasa soft drink dikombinasi dengan es krim yang manis dan lembut, mampu menciptakan harmonisasi rasa yang unik. Root beer ber-topping es krim vanili keluaran salah satu resto cepat saji, misalnya. Selain root beer, beberapa tipe soda lain juga cocok dibubuhi topping es krim.

Pancake

Sarapan orang Amerika ini pakemnya disantap saat hangat, lalu disiram saus maple. Nah, fenomena makan pancake warga metropolitan di Ibukota sedikit keluar dari aslinya. Pancake yang sejatinya untuk sarapan, diracik dalam segala rupa dan rasa. Pancake tak lagi hanya dihidangkan dengan sirup maple, tapi juga disajikan dengan es krim yang dingin. Di kafe-kafe, kombinasi ini ternyata menjadi hits.

Cincau + es krim

Minuman tradisional khas Indonesia yang dipercaya bisa mengobati panas dalam, tampilannya kini tak mau kalah ikut berdandan. Jika dulu cincau dipadukan dengan kuah santan dan sirup gula, di Bogor, mulai banyak penjaja es cincau yang mengombinasikan dengan es krim kelapa (es kopyor).

Wafel

Seperti pancake, kombinasi antara wafel dengan es krim juga banyak disuka. Biasanya diatas topping es krim, disiram lagi dengan sirup buah atau sirup cokelat. Ada juga yang menambahkan taburan kacang supaya lebih meriah. Kombinasi yang juga tak kalah hits dari pancake plus es krim!

Brownies

Tidak melulu minuman seperti susu, kopi, atau softdrink yang enak dibubuhi topping es krim. Brownies bila disantap berbarengan dengan es krim menghasilkan sebuah dessert istimewa. Medoknya cita rasa cokelat akan tersamarkan dengan manisnya es krim.

Poffertjes

Dalam menu di resto khas Belanda, sajian poffertjes dipastikan tak pernah ketinggalan.

Kue tradisional yang renyah ini penampilannya mirip panekuk, tetapi lebih kecil dan manis. Biasanya, poffertjes disajikan bersama taburan gula halus dan madu. Variasi lain, poffertjes disandingkan dengan es krim. Baik cita rasa es krim klasik ataupun buah-buahan segar, keduanya luwes dipadukan dengan kue mungil ini. Mel

Artikel Lainnya

  • Mei 23, 2019

    Prinsip-Prinsip Dasar dalam Menjamin Keamanan Pangan

    Prinsip dasar kebersihan makanan untuk menjamin kemanan pangan yang perlu disiapkan oleh produsen antara lain sebagai berikut. Pilih resep makanan dengan seksama Saat memilih menu produk yang akan dijual, perlu mengetahui beberapa kualitas dan komposisi bahan yang digunakan. Beberapa produk pangan dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa konsumen. Oleh karena itu perlu diberikan informasi yang cukup pada label pangan. Selain itu juga menu yang disajikan diharapkan dapat memberikan asupan gizi dalam jumlah yang tepat. ...

  • Mei 22, 2019

    Asupan Zat Gizi agar Tubuh Tetap Bugar

    Pada prinsipnya makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka harus lengkap, mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Sebenarnya, kunci asupan gizi seimbang dicerminkan oleh beragam makanan yang kita konsumsi baik di saat buka maupun sahur, dan empat sehat lima sempurna merupakan cermin keberagaman makanan meski kini sudah ada acuan yang lebih lengkap, yaitu Pedoman Gizi Seimbang. ...

  • Mei 21, 2019

    Menyusun Menu yang Baik selama Bulan Ramadan

    Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air kelapa, dan jenis buah-buahan dengan kandungan air tinggi lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir dalam menu puasa, karena bila berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum satu liter air atau sesuai kebutuhan. ...

  • Mei 20, 2019

    Panduan Sederhana Mengonsumsi Protein Nabati

    Anggapan bahwa protein nabati tidak lebih baik dari protein hewani adalah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Meskipun beberapa komoditas menunjukkan kekurangan dalam komponen asam aminonya, namun banyak jalan yang bisa ditempuh untuk membuatnya setara dengan komponen protein hewani. ...

  • Mei 17, 2019

    Benarkah Protein Nabati Tidak Lengkap?

    Mutu protein bahan pangan salah satunya ditentukan oleh jenis dan proporsi asam amino yang di kandungnya. Setidaknya, terdapat 20 jenis asam amino yang terdiri dari sembilan asam amino esensial dan 11 asam amino non-esensial. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh, sedangkan asam amino esensial  merupakan asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan didapat dari sumber pangan. ...