Cokelat untuk Dekorasi





Jika karakter cokelat sudah dikenali, tentu kita akan lebih mudah untuk mengkreasikannya. Berikut tips berguna yang bisa membantu Anda, khususnya saat membuat hiasan berbahan cokelat.

 

 

#Pilih cokelat berkualitas baik untuk mendapatkan hasil dekorasi yang bagus. Kualitas yang baik tentu dibarengi dengan harga yang pantas.

 

#Untuk membuat hiasan dari cokelat leleh, lakukan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu banyak.

 

#Potong-potong cokelat sebelum ditim. Potongan yang terlalu besar akan menyebabkan lelehan cokelat tidak rata dan berbutir.

 

#Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.

 

#Karena kandungan lemak cokelat putih lebih tinggi, cara melelehkannya harus ekstra hati-hati dibandingkan cokelat pekat. Sedikit terkena air, cokelat putih lebih cepat pecah dan menggumpal. Cokelat putih tidak perlu ditim di atas air mendidih. Cukup rendam mangkuk berisi potongan cokelat putih dalam air suam-suam kuku, lalu aduk hingga meleleh.

 

#Jangan pernah menambahkan mentega atau margarin saat melelehkan cokelat. Meski hasil tampilan cokelat lebih licin namun lelehan cokelat lebih sulit membeku.

 

#Ganache cokelat adalah krim cokelat kental yang gurih untuk melapisi atau mengisi cake. Untuk tekstur yang lebih lembut, kocok krim hingga berbuih.

 

#Untuk membuat cokelat moulding yang digunakan sebagai hiasan dinding tart atau juga hiasan berdiri pada tart, cupcake, puding gelas, tiramisu dan lain-lain. Caranya, lelehkan cokelat, tuang coklat leleh pada kertas roti ataupun plastik mika, buat bentuk sesuai kreatifitas, bisa bentuk marmer, polkadot, garis-garis, zigzag, dan lainnya. Lalu masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Setelah beku, patah-patahkan cokelat secara acak. Bila menghendaki bentuk yg teratur, potong cokelat lembaran ini dengan pisau panas (celupkan pisau pada air panas, angkat, lap, langsung gunakan untuk memotong).

 

#Bila ingin membuat hiasan cokelat bentuk mawar, tuang coklat leleh agak tebal pada kertas roti atau plastik. Masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Lalu keruk melengkung dengan menggunakan scrapper hingga didapat kelopak mawar, buat beberapa kelopak, lalu susun hingga terbentuk rangkaian menyerupai kelopak mawar.

 

#Untuk membuat cokelat serut bentuk bulat, taruh cokelat dalam suhu ruang hingga teksturnya tidak terlalu keras. Dengan bantuan sendok buah, keruk cokelat hingga terbentuk seperti bulatan-bulatan kecil. Masukkan dalam freezer hingga cokelat model membeku.

Artikel Lainnya

  • Jan 24, 2019

    Tips Bertahan dalam Bisnis Kuliner

    Bisnis kuliner memang menjadi bisnis yang menjanjikan, terlebih lagi kuliner dewasa ini sudah menjadi gaya hidup. Meskipun menjadi bisnis yang amat menjanjikan, bukan berarti tidak ada kendala dan tantangan. Bisnis kuliner tak hanya soal membuat pelanggan datang, namun juga membuat pelanggan datang kembali. Selain kenyamanan tempat, makanan dan minuman yang disuguhkan juga harus memuaskan lidah. Hal-hal tersebut adalah sederet tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis kuliner. ...

  • Jan 23, 2019

    Mikroba Penyebab Kerusakan Jus Buah

    Umur simpan jus buah dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pemilihan bahan baku, cara pengolahan, peralatan dan mesin pengolahan, pengemasan, serta kondisi penyimpanan. Akan tetapi faktor utama kerusakan jus buah tak lepas dari adanya mikroba penyebab kerusakan. Kandungan zat gizi pada jus buah merupakan tempat hidup yang sesuai untuk pertumbuhan mikroba, selain itu didukung dengan kadar air yang tinggi dan nilai aktifias air (aw) yang juga tinggi (0,97-1,00). Jenis mikroba umum yang menjadi penyebab kerusakan jus buah yaitu dari golongan bakteri (misalnya E. coli, dan Klebsiella), kapang (misalnya Aspergillus sp.), dan khamir. Bakteri, kapang, dan khamir dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap, toksin, gas, alkohol, busa, lendir, cemaran fisik, perubahan rasa, warna, bentuk dan kekentalan.   ...

  • Jan 22, 2019

    Branding Restoran Masa Kini melalui Teknik Memorable Experience

    Membuat masakan yang enak bukan menjadi satu-satunya modal membangun bisnis resto. Menyajikan makanan terenak sekalipun belum tentu dapat mendatangkan pelanggan yang banyak tanpa strategi pemasaran yang bagus. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya. ...

  • Jan 21, 2019

    Membuat Roti dengan Teknik Sourdough

    Metode sourdough juga dikenal dengan metode biang, merupakan teknik lawas yang digunakan untuk membuat adonan roti jauh sebelum ditemukannya ragi instan pada tahun 1800-an. Prinsip teknik sourdough adalah membuat adonan biang sebagai starter (seperti starter untuk yoghurt) dan menjadikan biang tersebut sebagai leavening agent dalam adonan roti. Adonan biang tersebut mengandung yeast dan bakteri hidup Lactobacillus yang ditangkap secara alami dari udara dan dari dalam terigu, kemudian dibiakkan secara terus menerus. ...

  • Jan 18, 2019

    Jus VS Buah Segar

    Buah adalah salah satu bahan pangan penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Di dalam buah terkandung sejumlah zat gizi, serat pangan, dan berbagai komponen bioaktif. Terdapat beberapa cara dalam menikmati buah dan sayur. Salah satunya yang cukup populer adalah mengolahnya menjadi jus. ...