Cokelat untuk Dekorasi





Jika karakter cokelat sudah dikenali, tentu kita akan lebih mudah untuk mengkreasikannya. Berikut tips berguna yang bisa membantu Anda, khususnya saat membuat hiasan berbahan cokelat.

 

 

#Pilih cokelat berkualitas baik untuk mendapatkan hasil dekorasi yang bagus. Kualitas yang baik tentu dibarengi dengan harga yang pantas.

 

#Untuk membuat hiasan dari cokelat leleh, lakukan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu banyak.

 

#Potong-potong cokelat sebelum ditim. Potongan yang terlalu besar akan menyebabkan lelehan cokelat tidak rata dan berbutir.

 

#Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.

 

#Karena kandungan lemak cokelat putih lebih tinggi, cara melelehkannya harus ekstra hati-hati dibandingkan cokelat pekat. Sedikit terkena air, cokelat putih lebih cepat pecah dan menggumpal. Cokelat putih tidak perlu ditim di atas air mendidih. Cukup rendam mangkuk berisi potongan cokelat putih dalam air suam-suam kuku, lalu aduk hingga meleleh.

 

#Jangan pernah menambahkan mentega atau margarin saat melelehkan cokelat. Meski hasil tampilan cokelat lebih licin namun lelehan cokelat lebih sulit membeku.

 

#Ganache cokelat adalah krim cokelat kental yang gurih untuk melapisi atau mengisi cake. Untuk tekstur yang lebih lembut, kocok krim hingga berbuih.

 

#Untuk membuat cokelat moulding yang digunakan sebagai hiasan dinding tart atau juga hiasan berdiri pada tart, cupcake, puding gelas, tiramisu dan lain-lain. Caranya, lelehkan cokelat, tuang coklat leleh pada kertas roti ataupun plastik mika, buat bentuk sesuai kreatifitas, bisa bentuk marmer, polkadot, garis-garis, zigzag, dan lainnya. Lalu masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Setelah beku, patah-patahkan cokelat secara acak. Bila menghendaki bentuk yg teratur, potong cokelat lembaran ini dengan pisau panas (celupkan pisau pada air panas, angkat, lap, langsung gunakan untuk memotong).

 

#Bila ingin membuat hiasan cokelat bentuk mawar, tuang coklat leleh agak tebal pada kertas roti atau plastik. Masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Lalu keruk melengkung dengan menggunakan scrapper hingga didapat kelopak mawar, buat beberapa kelopak, lalu susun hingga terbentuk rangkaian menyerupai kelopak mawar.

 

#Untuk membuat cokelat serut bentuk bulat, taruh cokelat dalam suhu ruang hingga teksturnya tidak terlalu keras. Dengan bantuan sendok buah, keruk cokelat hingga terbentuk seperti bulatan-bulatan kecil. Masukkan dalam freezer hingga cokelat model membeku.

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....