Cokelat untuk Dekorasi





Jika karakter cokelat sudah dikenali, tentu kita akan lebih mudah untuk mengkreasikannya. Berikut tips berguna yang bisa membantu Anda, khususnya saat membuat hiasan berbahan cokelat.

 

 

#Pilih cokelat berkualitas baik untuk mendapatkan hasil dekorasi yang bagus. Kualitas yang baik tentu dibarengi dengan harga yang pantas.

 

#Untuk membuat hiasan dari cokelat leleh, lakukan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu banyak.

 

#Potong-potong cokelat sebelum ditim. Potongan yang terlalu besar akan menyebabkan lelehan cokelat tidak rata dan berbutir.

 

#Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh. Pastikan panci dan alat yang digunakan dalam kondisi kering, karena air akan menyebabkan cokelat menggumpal.

 

#Karena kandungan lemak cokelat putih lebih tinggi, cara melelehkannya harus ekstra hati-hati dibandingkan cokelat pekat. Sedikit terkena air, cokelat putih lebih cepat pecah dan menggumpal. Cokelat putih tidak perlu ditim di atas air mendidih. Cukup rendam mangkuk berisi potongan cokelat putih dalam air suam-suam kuku, lalu aduk hingga meleleh.

 

#Jangan pernah menambahkan mentega atau margarin saat melelehkan cokelat. Meski hasil tampilan cokelat lebih licin namun lelehan cokelat lebih sulit membeku.

 

#Ganache cokelat adalah krim cokelat kental yang gurih untuk melapisi atau mengisi cake. Untuk tekstur yang lebih lembut, kocok krim hingga berbuih.

 

#Untuk membuat cokelat moulding yang digunakan sebagai hiasan dinding tart atau juga hiasan berdiri pada tart, cupcake, puding gelas, tiramisu dan lain-lain. Caranya, lelehkan cokelat, tuang coklat leleh pada kertas roti ataupun plastik mika, buat bentuk sesuai kreatifitas, bisa bentuk marmer, polkadot, garis-garis, zigzag, dan lainnya. Lalu masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Setelah beku, patah-patahkan cokelat secara acak. Bila menghendaki bentuk yg teratur, potong cokelat lembaran ini dengan pisau panas (celupkan pisau pada air panas, angkat, lap, langsung gunakan untuk memotong).

 

#Bila ingin membuat hiasan cokelat bentuk mawar, tuang coklat leleh agak tebal pada kertas roti atau plastik. Masukkan dalam freezer hingga cokelat membeku. Lalu keruk melengkung dengan menggunakan scrapper hingga didapat kelopak mawar, buat beberapa kelopak, lalu susun hingga terbentuk rangkaian menyerupai kelopak mawar.

 

#Untuk membuat cokelat serut bentuk bulat, taruh cokelat dalam suhu ruang hingga teksturnya tidak terlalu keras. Dengan bantuan sendok buah, keruk cokelat hingga terbentuk seperti bulatan-bulatan kecil. Masukkan dalam freezer hingga cokelat model membeku.

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...