Bagaimana Bisnis Katering Selama Bulan Ramadhan?





Jasa katering identik dengan pernikahan, seminar atau kegiatan lainnya yang membutuhkan hidangan dalam jumlah besar. Pernikahan atau kegiatan serupa biasanya dilaksanakan setiap bulan kecuali pada saat bulan Ramadhan. Lalu bagaimanakah bisnis katering selama bulan Ramadhan? Apakah tetap beroperasional ataukah tutup? Adakah peluang pada bisnis ini selama ramadhan?

 

Berbeda dengan restoran, kafe, atau toko bakery yang memiliki tempat khusus untuk menjual produknya, katering biasanya membutuhkan permintaan agar tetap berjalan atau beroperasi. Namun, ternyata katering ini tetap tidak kehilangan pasar selama Ramadhan, banyak strategi yang digunakan oleh sang pengelola katering tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Sabir Mappaka, pemilik Asia Catering yang juga aktif berorganisasi di Association of Culinary Professionals (ACP). Menurutnya, bisnis makanan juga harus memperhitungkan musim, “setiap musim pasti saja ada peluang. Bisnis di industri jasa boga harus bisa mengeluarkan produk musiman, seperti pada saat ramadhan dan lebaran, buatlah menu yang pas dan sesuai pada musim tersebut,” jelas Sabir.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat bisnis katering anda berjalan di bulan Ramadhan ini diungkap oleh Majalah Kulinologi Indonesia edisi Juli “Menjaga Kepuasan Pelanggan Saat Berpuasa”. Untuk mengunduhnya, silahkan klik disini Riska.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...