Proses Filtrasi Air, Alternatif Lain Bagi Industri Jasa Boga





Air sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan industri. Salah satu industri yang tidak lepas dari kebutuhan air ini adalah industri jasa boga. Hotel, restoran, katering dan bakery tentu membutuhkan air bersih baik untuk minum, bahan membuat hidangan, hingga mencuci alat-alat kotor. Namun sayangnya, kebutuhan air tersebut tidak seimbang dengan jumlah air bersih yang ada sekarang ini, hal tersebut disampaikan pada seminar “Water Crisis Air Anda Sumber Penyakit Anda” yang diselenggarakan oleh Yuki Water Treatment di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

 

 

Rina Septania pakar air dari Yuki Water Treatment menyampaikan air dibagi menjadi tiga jenis, yaitu air bersih saja yang biasa digunakan untuk mencuci atau mandi, air steril (bisa langsung diminum), dan air dengan standar tertentu berdasarkan permintaan atau kebutuhan. Ciri air bersih dan berkualitas secara fisik diantaranya, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Semakin tinggi tingkat pencemaran, semakin sulit pula mendapatkan air bersih.

 

Pada kesempatan tersebut pula, Yuki Water Treatment menawarkan sistem filtrasi atau penjernihan air yang berguna untuk mendaur-ulang air kotor atau air limbah menjadi air bersih agar dapat digunakan kembali. Tetapi air bersih ini belum tentu dapat dikonsumsi, membutuhkan proses filtrasi yang lebih lengkap jika ingin mengubah air bersih menjadi air steril. Selain itu, proses reverse osmosis juga dimiliki oleh Yuki Water Treatment guna memisahkan air dari kandungan mineral dan mikroorganisme yang tidak dikehendaki.

 

Rangkaian proses filtrasi tersebut mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi sebuah hotel, restoran, katering dan bakery yang kesulitan mendapatkan air bersih maupun air steril. Riska 

Artikel Lainnya