Tren Bisnis Kopi di Sumatera Utara





Kopi telah menjadi tren bisnis di banyak kota besar di dunia, termasuk di Medan, Sumatera Utara. Potensi bisnis kopi di tanah air masih sangat besar, terlebih saat ini baru sebagian orang saja yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup, tidak sekadar untuk diminum.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) wilayah Sumatra Utara Firsal Ferial Mutyara dalam Pameran Medan International Caffee 2014 di Medan 1-4 Mei 2014 mengatakan, dengan meningkatnya pendapatan masyarakat dan makin banyaknya populasi anak muda, tren minum kopi di kafe atau kedai khusus kopi menjadi semakin marak. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi yang jeli dalam melihatnya.

Namun ia mengingatkan kepada para pelaku bisnis di Medan yang ingin terjun di bisnis penyedia kopi untuk memperhatikan karakteristik kopi. Konsep bisnis kopi telah banyak berubah. Kalau dulu masyarakat minum kopi di warung kopi (warkop), sekarang bergeser ke kafe-kafe dengan segmen yang berbeda-beda. Hal ini telah menjadi tren tersendiri, apalagi daya beli masyarakat sudah banyak meningkat.

Untuk masuk ke bisnis penyedia kopi di kafe, perlu adanya ketrampilan tersendiri baik pengelola kafenya maupun barista yang memang secara khusus mengolah kopi sejak dari pengolahan biji kopi hingga tersaji secara menarik di depan pelanggan. k-08

 

Artikel Lainnya