Tren Bisnis Kopi di Sumatera Utara





Kopi telah menjadi tren bisnis di banyak kota besar di dunia, termasuk di Medan, Sumatera Utara. Potensi bisnis kopi di tanah air masih sangat besar, terlebih saat ini baru sebagian orang saja yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup, tidak sekadar untuk diminum.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) wilayah Sumatra Utara Firsal Ferial Mutyara dalam Pameran Medan International Caffee 2014 di Medan 1-4 Mei 2014 mengatakan, dengan meningkatnya pendapatan masyarakat dan makin banyaknya populasi anak muda, tren minum kopi di kafe atau kedai khusus kopi menjadi semakin marak. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi yang jeli dalam melihatnya.

Namun ia mengingatkan kepada para pelaku bisnis di Medan yang ingin terjun di bisnis penyedia kopi untuk memperhatikan karakteristik kopi. Konsep bisnis kopi telah banyak berubah. Kalau dulu masyarakat minum kopi di warung kopi (warkop), sekarang bergeser ke kafe-kafe dengan segmen yang berbeda-beda. Hal ini telah menjadi tren tersendiri, apalagi daya beli masyarakat sudah banyak meningkat.

Untuk masuk ke bisnis penyedia kopi di kafe, perlu adanya ketrampilan tersendiri baik pengelola kafenya maupun barista yang memang secara khusus mengolah kopi sejak dari pengolahan biji kopi hingga tersaji secara menarik di depan pelanggan. k-08

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...