Pentingnya Pest Control di Sebuah Restoran





Hama merupakan salah satu makhluk hidup yang berada di tempat dan waktu yang tidak diinginkan. Ada yang menjadi ancaman langsung ataupun menganggu kenyamanan dan nilai estetika. Masalah hama yang mengganggu aktifitas manusia tidak hanya berasal dari serangga, tetapi juga bisa berasal dari hewan pengerat, burung, atau hewan lainnya.

Hama ini bisa muncul dimana saja, termasuk disebuah restoran. Bayangkan jika kecoak, lalat atau tikus muncul di restoran yang sedang anda kelola, bagaimanakah reaksi para pengunjung? Tentu hal ini menjadi sebuah perhatian khusus bagi setiap pemilik atau pengelola restoran. ETOS Sebuah perusahaan pengendali hama profesional, memiliki program pest control berupa IPM (Intergrated Pest Management) yang dapat diaplikasikan untuk sebuah restoran. IPM ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, peninjauan (Survey) hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan dan menentukan metode yang lebih efisien untuk mencegah hama tersebut. Kedua, melakukan pendekatan holistik untuk mengidentifikasi hama.

Pada pendekatan ini, mencari tahu bagaimana dan dalam situasi apa hama tersebut dapat tumbuh. Ketiga, menentukan apa yang harus dilakukan oleh ETOS dan apa yang diinginkan oleh para pelanggan untuk membasmi hama tersebut. Kemudian, melakukan penerapan metode dan pengamatan.

Ahmad Damamini selaku General Manager PT Etos Indonusa dalam workshop yang diselenggarakan oleh IHKA (Indonesian Housekeepers Association) di Puncak Pass, Bogor (28/4) lalu, memberi dua tips untuk pest control, mencari cara yang murah dan menjadikan pest control sebuah investasi, Jika pest control dijadikan sebuah investasi cari benefitnya, keamanan dan pengamanannya, efektif dan efisiensinya. Karena, gangguan hama ini dapat mengakibatkan biaya dan kerusakan, jelas Ahmad. Riska

Artikel Lainnya